Custom Search
Home » » Penyakit Peradangan Kulit Pada Anjing / Dermatitis

Penyakit Peradangan Kulit Pada Anjing / Dermatitis

Written By Wulanto Burhan on Wednesday, March 7, 2012 | 5:20:00 PM

Anjing anda mungkin pernah mengalami penyakit dermatitis atau kalau diartikan adalah peradangan kulit  pada anjing. Penyakit peradangan kulit pada anjing tersebut secara umum dapat dibagi menjadi dua penyebab yaitu karena hipersensitif dan iritasi. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membedakannya? Membedakan Peradangan Kulit Pada Anjing karena hepersensitif dengan Peradangan kulit anjing karena iritasi dapat saya jelaskan sebagai berikut.
Dermatitis kontak alergi terjadi pada anjing sebagai reaksi hipersensitivitas terhadap molekul tertentu di lingkungan hewan peliharaan. Sedangkan Dermatitis kontak iritan merupakan hasil saat kulit terkena zat berbahaya di lingkungan. Gejala-gejala dan mekanisme biologis yang terlibat dalam dua penyakit yang serupa tersebut menyebabkan sering dibahas secara bersama-sama.

Apa yang dimaksud dermatitis kontak alergi?

Dermatitis kontak alergi adalah penyakit yang langka, yang terjadi ketika kulit hewan bereaksi berlebihan terhadap molekul kecil tertentu di lingkungan. Zat yang dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi termasuk antibiotik tertentu diterapkan pada kulit
seperti, logam  nikel, bahan seperti karet atau wol, dan bahan kimia seperti pewarna dan pengharum karpet.

Sedangkan yang dimaksud dermatitis kontak iritan?

Dermatitis kontak iritan terjadi saat kulit terkena bahan kimia seperti getah yang mengadung racun atau garam saat sedang berada di jalan.

Bagaimana kedua penyakit tersebut berbeda?

Dermatitis kontak alergi hanya mempengaruhi hewan-hewan dengan hipersensitivitas terhadap molekul. Sedangkan Dermatitis kontak iritan akan mempengaruhi setiap anjing yang terkena iritasi.

Dermatitis alergi memerlukan beberapa eksposur ke molekul sebelum berkembang. Hal ini jarang terjadi pada hewan kurang dari dua tahun. Sedangkan Dermatitis kontak iritan sering terjadi pada hewan muda ingin tahu yang masuk ke dalam hal-hal yang tidak seharusnya.

Apa saja gejala dermatitis kontak alergi dan iritan?

Lesi umumnya terjadi pada daerah kulit yang berambut jarang dan langsung terkena molekul (zat) penyebab alergi atau iritan. Hal ini sering terjadi dibagian belakang kaki, perut, moncong, dan bibir. Daerah-daerah tersebut akan menunjukan gejala berwarna sangat merah, memiliki benjolan kecil atau vesikel (melepuh seperti lesi), dan gatal. Pada dermatitis kontak iritan ulkus kemungkinan juga bisa muncul.

Bagaimana alergi dan dermatitis kontak iritan didiagnosis?

Pemeriksaan riwayat dan pemeriksaan fisik sering dapat menunjukkan apa yang sedang terjadi. Untuk mengisolasi alergen (molekul yang menyebabkan dermatitis), percobaan eksklusi sering dilakukan. Dalam percobaan, hewan dibatasi ke ruang uncarpeted dan dijauhkan dari rumput, misalnya. Jika kondisi hewan membaik, alergen potensial secara perlahan diperkenalkan satu per satu.

Sebuah 'patch' tes juga dapat dilakukan. Dalam tes ini, sejumlah kecil alergen dioleskan pada kulit, atau kasa yang mengandung alergen yang dicurigai adalah diperban pada kulit hewan peliharaan. Kulit dimonitor selama 2-5 hari untuk reaksi.

Bagaimana mengatasi hewan peliharaan dengan dermatitis kontak alergi atau iritasi ?

Untuk mengatasi atau mengobati kondisi anjing dermatitis tersebut kuncinya adalah menghapus atau membatasi paparan alergen atau kontak iritan di lingkungan hewan peliharaan. Jika itu tidak mungkin, maka asam lemak, antihistamin, biotin, dan shampoo topikal dapat digunakan untuk mengontrol gatal.

Sebagai aturan, untuk setiap hewan peliharaan yang diduga memiliki masalah alergi yang dapat mencakup komponen kontak alergi, maka dapat kami sarankan sebagai berikut:

  • Kaca atau tempat makanan dan mangkuk air stainless steel , dibersihkan dan dibilas dengan baik setiap hari.
  • Berikan Hypoallergenic deterjen untuk tempat tidur hewan peliharaan
  • Mandikan anjing anda mengunakan Shampoo hypoallergenic rutin untuk menghilangkan alergen
  • Membatasi berjalan ke trotoar, permukaan aspal dan menghindari rumput

Judul: Penyakit Peradangan Kulit Pada Anjing / Dermatitis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 5:20:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger