Custom Search
Home » , , » Bagaimana Tips atau Cara Merawat Bulu Anjing

Bagaimana Tips atau Cara Merawat Bulu Anjing

Written By Wulanto Burhan on Sunday, January 15, 2012 | 11:39:00 AM

Cara Merawat Bulu Anjing Agar Nampak Indah

Bagaimana Tips atau Cara Merawat Bulu Anjing ? simaklah beberapa tip-tips berikut ini.
Setiap anjing memiliki bulu yang unik dan beragam, termasuk panjang dan warna. Agar terlihat cantik dan bagus haruslah dilkukan perawatan yang intensif. Berikut ini adalah Tip Merawat Bulu Anjing anda :
  1. Sikatlah bulu dengan lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran agar bulu terlihat cerah dan berkilau. Dengan menyikat juga akan menyebabkan peredaran darah di kulit akan berjalan lancar sehingga kulit akan menjadi lebih sehat serta berdampak keadaan bulu menjadi lebih baik.
  2. Sisirlah dengan teratur pada bulu anjing anda, karena dengan menyisir akan membuat bulu nampak rapi, selain itu dengan menyisir akan merangsang kelenjar dibawah kulit yang berfungsi untuk menumbuhkan bulu dan menyehatkan kulit akibat adanya rangsangan dari sisir. Disamping itu juga sebagai kontrol kita terhadap ada tidaknya kutu di bulu tersebut sehingga bisa dicegah sedini mungkin dari kerusakan bulu akibat infestasi kutu tersebut dan cepat dilakukan pengobatan.
  3. Untuk bulu yang terlalu panjang dan menggangu agar dirapihkan agar terlihat lebih cantik.
  4. Mandikanlah anjing secara teratur untuk mengindari penyakit kulit yang berdampak pada kondisi bulu. Setelah itu keringkanlah dengan handuk dan usaplah dengan lembut agar bulu tidak rontok.
  5. Untuk Mengeringkan bulu gunakanlah hair dryer dan pastikanlah bulu benar-benar telah kering.

CARA MEMANDIKAN ANJING


Seluruh badan anjing disiram air hangat dengan suhu 40 o celcius. Mandikan dengan menggunakan shampoo anjing berkualitas baik. Belailah bulu anjing anda dengan lembut. Pada saat ini, yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai shampoo masuk kedalam mata atau telinga anjing. 
Kalau seluruh tubuh banyak sabunnya, pantatnya harus ditekan menggunakan air panas dan disemprot, dan gunakan kain yang lembut untuk menggosokkan sampai bersih. Lalu telinganya ditiup, supaya anjing mengibaskan tubuhnya, lalu pakai handuk untuk mengeringkan tubuhnya. 
Setelah itu kita bisa memakai hair dryer, supaya bulunya benar-benar kering, dan memakai obat mata untuk membersihkan matanya. Bersihkan kotoran dan air yang ada didalam telinga, dengan memakai jepit yang diberi kapas. Kalau didalam telinga masih ada sedikit air, biasanya bisa menyebabkan infeksi telinga, biarpun didalam telinga jangan sampai ada bulu, tetapi juga tidak bisa dicabut sampai habis. Bulu yang ada di ujung kaki harus digunting sampai bersih, juga bulu yang ada diantara jari kaki. 
Menurut jenis anjing, anda harus membersihkan kumis dan bulu yang ada di ujung telinga. 
Untuk menggunting kuku, anda memakai kikir kuku, supaya bulu yang lancip menjadi bulat. 
Bulu diseluruh tubuh harus disisir  sampai rapi. Untuk anjing berbulu panjang seperti Shih Tzu, bulu diatas kepalanya boleh diikat menjadi satu dengan pita, lalu ditaburi minyak wangi. Kalau anda ingin membersihkan kotoran yang ada di gigi, sebaiknya dilakukan pada waktu sebelum mandi. 
Kalau anjing anda sedang tidak bersemangat, tubuhnya kelihatannya kurang sehat atau sesudah melahirkan, jangan memaksanya untuk mandi. Tetapi, jika bulunya sudah benar-benar kotor, sehingga kurang sedap dipandang, anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air panas dan diperas. Gunakan handuk hangat ini untuk mengelap tubuhnya sampai bersih. 
Demikian cara dan tips merawat bulu anjing agar nampak indah dan berkilau, semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.



Related Post Penyakit Pada Anjing Lainnya:
Judul: Bagaimana Tips atau Cara Merawat Bulu Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 11:39:00 AM
Share this article :

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger