Custom Search
Home » » Cara Mengebiri Anjing

Cara Mengebiri Anjing

Written By Wulanto Burhan on Monday, April 9, 2012 | 4:09:00 PM

Pada saat memeriksa statistik di dalam blog terdapat kata kunci yang dicari teman-teman tentang cara mengebiri / kebiri anjing  , maka dari itu saya mencoba untuk menjelaskan teknik mengebiri anjing tersebut. Cara mengebiri anjing pada dasarnya hampir sama dengan mengebiri hewan lain. Bagi teman-teman yang tinggal di kota-kota besar, kami sarankan jika  akan mengebiri anjing lebih baik diserahkan kepada ahlinya yaitu dokter hewan. Namun bagi yang didaerah dimana tidak ada dokter hewan praktek maka bolehlah untuk melakukannya sendiri, tapi lakukanlah dengan hati-hati dan ikuti petunjuk ini. Sebelum anda melakukan pengebirian anjing lebih baik anda pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya, sehingga anda tidak menyesal dikemudian hari. Karena jika anjing anda sudah di kebiri maka hal tersebut selamanya (seumur hidupnya) tidak akan mempunyai keturunan alias mandul.
Pengebirian (kastrasi) adalah tindakan untuk menghilangkan fungsi testes pada ternak jantan, dengan tujuan hewan tersebut menjadi lebih tenang dan jinak sehingga mudah ditangani dan diharapkan pertumbuhannya lebih cepat.
Ada dua cara untuk mengebiri, yaitu secara tertutup dan secara terbuka. Pengebirian secara tertutup biasanya dilakukan dengan menggunakan alat-alat seperti tang burdizzo ( emasculator) atau menggunakan elastrator dengan cicin karet. Pengebirian secara terbuka dilakukan dengan membedah kantung skrotum serta memotong atau mengeluarkan buah testesnya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pisau kebiri. Terdapat juga suatu metode pengebirian yang telah dikembangkan di negara Balkan dan dikenal dengan metode baiburtojan, metode ini dilakukan dengan cara menusuk testes dari kutub bawah ke kutub atas, kemudian kedalam bekas penusukan tersebut dimasukan suatu alat kiret (loop curette) sambil diputar perlahan-lahan untuk melepaskan tubulus seminferus ( pembuluh mani ) sehingga terlepas dari bagian tunica albugenia.

Pengebirian secara Tertutup

Cara pengibirian secara tertutup ini sering digunakan pada ternak sapi dan kambing atau domba.
  • Pengebirian dengan menggunakan tang burdizzo
  • Pengebirian dengan tang burdizzo tidak akan terjadi pendarahan dan hasilnya cukup baik. Caranya adalah tang burdizzo dipegang dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang kantung testes yang sudah diurut agar jauh dari dinding perut serta ditahan terus jangan sampai terlepas sampai tindakan pengebirian selesai dilakukan. Selanjutnya, penggantung testes (ductus seminalis) sebelah kiri dijepit. Setelah selesai kemudian dilakukan juga penjepitan sebelah kanan. Penjepitan dilakukan sekitar 15 - 20 detik. Biasanya terjadi memar pada bekas jepitan tang dan membengkak untuk beberapa hari, tetapi hal ini tidak membahayakan. Untuk daerah yang memar di taburi bubuk sulfanilamid.
  • Pengebirian dengan menggunakan elastator dengan cincin karet
  • Pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang karet elastrator kemudian elastrator tersebut dikuakkan dan cincin karet dilepaskan hingga terpasang di bagian atas kantung testes. Penggunaan alat ini biasanya dilakukan pada hewan atau ternak muda.

Pengebirian secara Terbuka

Cara ini dapat diterapkan pada semua hewan baik kucing, anjing, sapi , domba atau kambing. Pengebirian ini dilakukan dengan cara operasi, memotong dan mengeluarkan buah testes. Cara ini memerlukan ketrampilan dan ketelitian yang tinggi. Sebelum mengebiri maka tangan harus dicuci dengan bersih, kantung testes dicuci dengan air hangat dan antiseptic, demikian pula pisau atau skalpel yang digunakan harus suci hama. Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah membuat bendungan di penggantung testes agar darah tersumbat (tidak mengalir ke testes)dan tidak terjadi pendarahan nantinya sewaktu pelaksanaan operasi. Kemudian buat irisan pada kantung testes dengan skalpel, keluarkan testes melalui irisan tersebut dan tali penggantung testes serta vas deferensnya diputuskan dengan hari-hati. Lakukan hal tersebut pada testes kanan lalu sebelah kiri. Setelah selesai, bekas irisan dibubuhi sulfanilamid dan anjing dimasukan kedalam kandang yang bersih. Rawatlah dengan baik termasuk pemberian antibiotik sesuai aturan dan dosis.  Selama 3 - 5 hari anjing anda akan demam dan nafsu makan akan turun sehingga berat badanya akan berkurang. Jika pengebirian dilakukan pada anak anjing tingkat kesembuhannya akan lebih cepat dibanding dengan anjing tua.
Demikian semoga bermanfaat.

Judul: Cara Mengebiri Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 4:09:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger