Custom Search
Home » » Radang Lambung atau Gastritis Pada Anjing

Radang Lambung atau Gastritis Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Thursday, April 5, 2012 | 9:16:00 PM

Radang Lambung atau biasa juga disebut Gastritis pada anjing adalah suatu kondisi yang terjadi bila lapisan lambung menjadi meradang. Ini adalah kondisi yang relatif umum dan dapat terjadi dalam bentuk akut atau kronis. Penyebab Radang Lambung atau Gastritis.
Gastritis anjing akut dapat disebabkan oleh berbagai hal, tapi biasanya berkembang karena keracunan makanan, makan sesuatu yang mengganggu sistem pencernaan, atau makan terlalu banyak pada satu waktu. Infeksi virus atau bakteri dari lapisan juga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Anjing memakan makanan kotor yang bersumber dari sampah atau bangkai hewan yang mati dan membusuk dapat dengan mudah menyebabkan radang lambung. 
Pengunaan Obat-obat tertentu untuk pengobatan penyakit tertentu juga dapat menyebabkan gastritis. Anjing yang menderita penyakit hati, pankreatitis, atau hiperkalsemia juga akan memiliki peningkatan risiko. Akhirnya, menyebabkan masalah di usus dan dapat berakibat timbulnya gastritis tersebut. 

Gejala Klinis Gastritis
Gastritis pada anjing menyebabkan anjing tersebut mengalami sakit perut yang parah. Anjing akan sering mengalami muntah yang mungkin mengandung cairan empedu atau darah. Tanda-tanda umum lainnya dari kondisi ini termasuk hilangnya nafsu makan, kehilangan berat badan, diare, lemah, lesu, dan kusam pada bulu anjing tersebut. 
Diagnosis penyakit gastritis pada anjing memang agak sedikit sulit. Hal yang akan dilakukan Dokter hewan pertama kali adalah menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari gejala ini. Untuk melakukan ini, kami membutuhkan riwayat kesehatan anjing Anda serta akan memeriksanya secara menyeluruh. Pengujian sampel darah dan kotoran akan membantu menyingkirkan penyebab lain. 

Bagaimana Pengobatan Gastritis
Hal pertama yang dokter hewan akan lakukan untuk mengobati gastritis pada anjing adalah untuk menahan semua makanan selama paling sedikit 24 jam. Hal ini akan memberikan saluran pencernaan waktu yang cukup untuk beristirahat. 
Jika obstruksi yang disebabkan oleh benda asing yang masuk kedalam lambung atau perut anjing, maka perlu dilakukan operasi. 
Jika gastritis disebabkan obat yang digunakan untuk penyakit tertentu yang dapat menyebabkan gastritis anjing, maka obat tersebut perlu dihentikan. 
Anjing yang menderita maag biasanya minum dalam jumlah yang berlebihan dan hal tersebut harus dicegah. Untuk menghindari asupan air yang berlebihan, pengunaan infus intravena atau subkutan dapat diberikan.

Bagaimana Menghindari Gastritis
Untuk menghindari gastritis pada anjing akibat makanan maka yang perlu dihindari adalah makanan yang kotor ataupun makanan yang berasal dari sampah. Hal yang penting lagi adalah memberinya makan berkualitas tinggi. Kita dapat membuat ransum makanan bergizi dengan mudah dengan cara mengikuti resep makanan anjing. Dengan makanan kwalitas tinggi maka kesehatan anjing kita akan tetap terjaga dengan baik.

Judul: Radang Lambung atau Gastritis Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 9:16:00 PM
Share this article :

1 komentar:

  1. Hi,
    Anjing saya, Whiskey mix Labrador - German Shepherd, umur 1 tahun, baru baru ini terdiaknosa menderita Gastritis.
    Mungkin karena pola makan yang sangat sangat pemilih, semejak dia berumur 6 bulan tiba2 dia menjadi sangat susah makan dan harus ditungguin dan dibujuk.
    3 hari yang lalu tiba2 dia muntah2 dan semua makanannya keluar, untuk tindakan langsung saya bawa ke vet dan sempat diopname selama 2 hari karena sama sekali tidak mau makan, sehingga harus di infus.

    Whiskey sekarang sudah pulang dan masih dalam tahap rawat jalan dengan meminum obat dan antibiotik selama 10 hari.

    Apakah ada tips khusus untuk merawat anjing dengan sakit maag ?

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger