Custom Search
Home » » Jenis Bahan dan Makanan Yang Dapat Meracuni Anjing

Jenis Bahan dan Makanan Yang Dapat Meracuni Anjing

Written By Wulanto Burhan on Tuesday, May 1, 2012 | 8:45:00 PM

Dilingkungan kita tanpa disadari oleh kita semua bahwa terdapat zat-zat yang dapat meracuni anjing kita dan dapat menimbulkan masalah serius sampai dengan kematian bagi anjing kita. Bahan-bahan beracun bagi anjing tersebut belum tentu beracun bagi manusia, maka dari itu kita harus mengetahui jenis- jenis obat, bahan, zat, makanan, buah-buahan dan tanaman yang dapat meracuni anjing kita tersebut sehingga kita bisa mencegah dan mengobati keracunan makanan, obat, buah dan tanaman pada anjing kita.
Berikut adalah jenis- jenis obat, bahan, zat, makanan, buah-buahan dan tanaman yang harus dihindari agar anjing kita tidak keracunan :

Racun Anjing No 1 : 
Obat untuk orang

Obat untuk manusia belum tentu baik untuk anjing malah sebaliknya dapat menyebabkan keracunan bagi anjing. Beberapa obat yang paling umum dan berbahaya yang dapat meracuni anjing meliputi :
Obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen atau naproxen, yang dapat menyebabkan sakit perut dan borok pada usus atau gagal ginjal. 
Antidepresan, yang dapat menyebabkan muntah dan, dalam kasus yang lebih serius, sindrom serotonin - sebuah kondisi berbahaya yang meningkatkan suhu, denyut jantung, dan tekanan darah, dan dapat menyebabkan kejang.
Isoniazid, obat TBC, bagi anjing obat manusia jenis ini sangat bermasalah dan tubuh anjing tidak dapat menerima Isoniazid sebagai obat tetapi malan menimbulkan racun bagi anjing . Bahkan satu tablet dapat menyebabkan masalah pada anjing kecil. Tanda-tanda keracunan termasuk kejang dan koma.

Racun Anjing  No 2:
Obat Kutu dan Tungau
Jika kita tidak hati-hati dalam menerapkan pengobatan kutu dan tungau bagi anjing kita maka akan ada masalah baru yang lebih berbahaya dari pada tungau atau kutu itu sendiri yaitu keracunan. Ribuan hewan tidak sengaja diracuni oleh produk ini setiap tahun. Masalah dapat terjadi jika anjing tidak sengaja menelan produk ini atau jika anjing kecil menerima jumlah yang berlebihan.

Racun Anjing  No 3:
Makanan Manusia.

Anjing memiliki metabolisme yang berbeda dari orang. Beberapa makanan dan minuman tidak menjadi masalah atau aman bagi manusia, namun bagi anjing makanan tersebut belum tentu aman bahkan bisa menyebabkan bahaya dan kadang-kadang berakibat fatal. Contoh makanan beracun bagi anjing tersebut adalah :

Cokelat.

Meskipun tidak berbahaya bagi orang, produk cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines yang dapat menyebabkan muntah pada dosis kecil, dan dapat menyebabkan kematian jika mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih besar. Coklat berwarna gelap lebih berbahaya daripada coklat putih atau susu. Jumlah konsumsi cokelat yang bisa mengakibatkan kematian tergantung pada jenis coklat dan ukuran anjing. Untuk trah kecil, hanya setengah ons coklat masak bisa berakibat fatal, sedangkan anjing yang lebih besar mungkin bertahan hidup makan 4 sampai 8 ons. Demikian juga dengan Kopi dan kafein memiliki bahan kimia yang sama berbahayanya bagi anjing.
anjing makan roti mengandung coklat

Alkohol. 

Gejala keracunan alkohol pada hewan adalah sama dengan yang pada orang, dan mungkin termasuk muntah, gangguan pernafasan, koma dan, dalam kasus yang parah menimbulkan kematian.

Alpukat.


Anda mungkin menganggap alpukat sebagai makanan sehat, tetapi alpukat memiliki zat yang disebut persin yang dapat bertindak sebagai racun anjing, menyebabkan muntah dan diare pada anjing.

Kacang Macadamia. 

Kacang macadamia ini dapat menimbulkan muntah dan peningkatan suhu tubuh setelah mengkonsumsi kacang macadamia.
anjing makan roti yg mengandung kacang

Anggur dan kismis.

Sampai saat ini para ahli belum mengetahu mengapa buah anggur dan kismis ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Bahkan sejumlah kecil dapat menyebabkan masalah di beberapa anjing.

Xylitol.

Pemanis ini ditemukan dalam banyak produk, termasuk permen karet bebas gula. Hal ini menyebabkan penurunan gula darah dengan sangat cepat sehingga menimbulkan kelemahan dan kejang.

Racun Anjing No 4:
Tikus dan Racun Tikus.

Racun tikus atau istilah kimianya Rodentisida, jika tertelan oleh anjing dapat menyebabkan masalah berat. Gejala-gejala tergantung pada sifat racun, dan tanda-tanda keracunan bisa muncul beberapa hari setelah mengkonsumsi racun tersebut. Dalam beberapa kasus, keracunan pada anjing untuk kejadian ini adalah anjing memakan tikus yang telah mati terkena racun sehingga anjingpun terkena racun tersebut, jadi berhati-hatilah jika anda meracun tikus dirumah anda.

Racun Anjing  No 5:
Obat Hewan

Sama seperti kita ketika jatuh sakit, jika salah pemberian obat maka yang terjadi adalah kefatalan atau bisa menimbulkan kematian. Demikian juga dengan obat hewan jika kita salah dalam aplikasi jenis dan dosis obat yang kita berikan kepada anjing maka keracunan pun dapat terjadi.

Racun Anjing  Nomor 6:
Tanaman Rumah Tangga. 

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tanaman di rumah kita akan membuat rumah jadi lebih indah, sejuk, dan asri, tapi tanaman tidak selalu pet friendly. Beberapa tanaman dapat menyebabkan keracunan untuk anjing meliputi: Azalea dan rhododendron. Bunga tanaman ini mengandung racun yang dapat menyebabkan muntah, diare, koma, dan bahkan berpotensi kematian. 
Kemudian bunga Tulip dan bunga bakung. Bola tanaman ini dapat menyebabkan masalah perut yang serius, kejang, dan kerusakan hati. Sagu. Makan hanya beberapa biji mungkin cukup untuk menyebabkan muntah, kejang, dan gagal hati.

Racun Anjing  No 7:
bahaya kimia. 

Tahukah anda bahwa ternyata, bahan kimia yang terkandung dalam antibeku, tiner cat, dan bahan kimia untuk kolam dapat bertindak sebagai racun anjing. Gejala-gejala keracunan hewan peliharaan kita akibat bahan kimia tersebut adalah sakit perut, depresi, dan luka bakar kimia.

Racun Anjing  No 8:
pembersih rumah tangga. 

Pembersih rumah seperti pemutih dapat meracuni orang termasuk anjing, sehingga menimbulkan masalah di perut dan masalah di saluran pernapasan.

Racun Anjing  Nomor 9:
logam berat. 

Cat, linoleum, dan baterai dapat beracun jika dimakan oleh anjing kita, dan dapat menyebabkan masalah gastrointestinal dan neurologis. Keracunan zinc dapat terjadi pada anjing yang menelan uang, gejala yang muncul adalah kelemahan dari anemia berat.

Racun Anjing  No 10:
Pupuk. 

Kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Pupuk Urea jika terkonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan ruptur atau kerusakan lambung dan menyebabkan keracunan NH3 di dalam darah serta menyebabkan kematian bagi anjing atau hewan lain.

Cara Mencegah Keracunan Pada Anjing 

Cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan bahwa anjing kesayangan Anda akan menjadi korban keracunan adalah dengan mencegah paparan bahan berbahaya.
  • Jauhkan semua obat, letakkan di lemari yang tidak dapat dijangkau oleh anjing Anda. Jika Anda secara tidak sengaja menjatuhkan pil di lantai, pastikan untuk mencari segera.
  • Selalu mengikuti panduan pada produk pembasmi tungau atau kutu serta gunakan secara hati-hati. Meskipun Anda dapat memberikan beberapa "makanan sisa anda" yang aman untuk hewan peliharaan Anda sebagai hadiah, namun hati-hatilah terhadap makanan-makanan yang aman bagi manusia namun beracun racun bagi anjing kita.
  • Pastikan setiap Racun tikus (rodentisida) disimpan di lemari besi atau di tempat yang tinggi di rak-rak di mana hewan peliharaan Anda tidak dapat menemukan racun tersebut. Beritahu tetangga Anda jika Anda mengeluarkan umpan tikus, sehingga mereka dapat melindungi hewan peliharaan mereka dari paparan, dan meminta mereka untuk melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan. 
  • Ketika membeli tanaman untuk rumah Anda, pilihlah tanaman yang tidak mengandung racun untuk anjing anda. ASPCA memiliki daftar online dari tanaman beracun dan tidak beracun oleh spesies. Namun jika Anda memilih untuk memiliki tanaman beracun, pastikan mereka disimpan di tempat di mana hewan Anda tidak dapat mencapai tanaman beracun tersebut.
demikian semoga bermanfaat bagi kita semua, amien.

Judul: Jenis Bahan dan Makanan Yang Dapat Meracuni Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 8:45:00 PM
Share this article :

2 komentar:

  1. Sama-sama dan terimakasih atas kunjungannya ya.... Toko Bagus(http://yenzshop.tokobagus.com/) juga luarbiasa...smoga sukses...

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger