Custom Search
Home » » Ketangguhan Anjing Kintamani Asli Ras Indonesia

Ketangguhan Anjing Kintamani Asli Ras Indonesia

Written By Wulanto Burhan on Wednesday, February 29, 2012 | 2:12:00 PM

Kecerdasan dan ketangkasan anjing kintamani sudah tidak lagi diragukan, Ketangguhan  Anjing Kintamani Asli Ras Indonesia ini sering dibuktikan dalam sebuah lomba-lomba ketangkasan dan anjing ini selalu saja mendominasi. Disamping itu Anjing ini juga sangat setia pada majikannya, dan dapat dijadikan anjing penjaga karena kepekaannya terhadap situasi yang sedang dihadapi. Anjing Kintamani ini juga dapat dijadikan anjing pelacak yang handal terutama dibidang obat terlarang (ganja). Sehingga sering digunakan untuk membantu kepolisian untuk menggungkap beberapa kasus. 
Anjing jenis Kintamani ini sudah diakui oleh Asian Kennel Union (AKU) sebagai Anjing Ras asal Indonesia, untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan berterimakasih kepada drh.Pudji Raharjo yang telah memperjuangkan di organisasi Kennel tingkat asia tersebut. Berkat kegigihannya itulah sehingga bangsa Indonesia memiliki jenis anjing unggul dan diakui dunia. 
Asal-usul anjing ini berasal dari pegunungan kintamani di Bali dan secara fenotipe Anjing Kintamani mudah dikenal, dapat dibandingkan dengan jelas antara Anjing Kintamani dengan anjing-anjing lokal yang ada, ataupun anjing hasil persilangan antara ras yang sama maupun persilangan lainnya.
Jika anda berminat memiliki anjing jenis ini berikut ciri-ciri anjing jenis Kintamani :

Ukuran dan Bentuk Umum Tubuh Anjing Kintamani

Anjing ini memiliki ukuran sedang, merupakan anjing pekerja, memiliki keseimbangan tubuh dan proporsi tubuh yang baik dengan pertulangan kuat ditunjang otot yang kuat pula. Anjing ini memiliki bulu yang panjang (moderat) dengan warna putih spesifik, hitam atau cokelat. Pengelompokan dalam sistem Federation Cynologique Internationale (FCI), organisasi internasional yang membawahkan induk organisasi anjing trah di seluruh dunia (FCI bermarkas di Thuin, Belgia), Anjing Kintamani masuk dalam group V karena memiliki ciri-ciri anjing spitz dan tipe primitif seperti Chow Chow, Basenji, dan Samoyed.

Ketangguhan dan Keunggulan Anjing Kintamani

Anjing Kintamani termasuk anjing yang tangguh karena memiliki sifat pemberani, tangkas, waspada dan curiga yang cukup tinggi. Merupakan anjing penjaga yang cukup handal mampu mengabdi kepada majikannya dengan baik, hebatnya lagi anjing jenis Kintamani ini loyal terhadap seluruh keluarga pemilik dan tidak lupa pada pemilik atau perawatnya. Disamping itu Anjing Kintamani (Bali)suka menyerang anjing atau hewan lain yang memasuki wilayah kekuasaannya dan juga menggaruk-garuk tanah sebagai tempat perlindungan. Karakteristik lainnya Anjing ini memiliki pergerakan yang bebas, ringan dan lentur. Jadi tidak salah apabila sering menang dalam setiap perlombaan ketangkasan.

Ciri-Ciri Kepala Anjing Kintamani

Jika kita mengamati bentuk kepala maka akan terlihat sebagai berikut :
  1. Kepala lebar dengan dahi dan pipi datar.
  2. Moncong proporsional dan kuat terhadap ukuran bentuk kepala.
  3. Rahang tampak kuat dan kompak.
  4. Memiliki gigi-gigi kuat dengan gerakan gigi seperti menggunting.
  5. Bibir berwama hitam atau cokelat tua. 
  6. Telinganya tebal, kuat, berdiri berbentuk “V” terbalik dengan ujung agak membulat. Jarak antara kedua telinga cukup lebar, panjang telinga kurang lebih sama bila dibandingkan dengan jarak antara dasar dua telinga bagian dalam dengan sudut mata luar.
  7. Kintamani Putih
  8. Mata berbentuk lonjong seperti buah almond dengan bola mata berwarna cokelat gelap dan bulu mata berwarna putih. Hidung berwarna hitam atau coklat tua dan warna hidung ini sering berubah karena penambahan umur dan musim.
Kintamani Hitam Sedangkan dari segi warna bulu dapat kita lihat distribusi warna bulu dikelompokkan menjadi 4 macam yaitu:
  1. Warna bulu putih sedikit kemerahan dengan warna coklat-kemerahan pada telinga, bulu di bagian belakang paha dan ujung ekornya.
  2. Warna coklat muda atau cokiat tua dengan ujung moncong kehitaman, sering disebut oleh masyarakat sebagai warna Bang-bungkem.
  3. Warna dasar coklat atau coklat muda dengan garis-garis warna kehitaman, yang oleh masyarakat disebut warna poleng atau anggrek.
  4. Warna hitam mulus atau dengan dada putih sedikit.

Ciri-Ciri Khusus Bentuk Badan Anjing Kintamani 

Ciri-ciri Anjing Kintamani dilihat dari bentuk badan sebagai berikut :

  1. Anjing Kintamani jantan mempunyai tinggi 45 cm sampai 55 cm dan anjing betina 40 cm sampai 45 cm. 
  2. Dengan warna bulu kebanyakan berwarna putih spesifik (sedikit kemerahan) dengan warna merah kecoklatan (krem) pada ujung telinga, ekor dan bulu di belakang paha. 
  3. Warna lainnya adalah hitam mulus dan cokelat dengan moncong berwarna hitam (bangbungkem), pigmentasi kulit, hidung, bibir kelopak mata, skrotum, anus dan telapak kaki berwarna hitam atau cokelat gelap.
  4. Lehernya tampak anggun dengan panjang sedang, kuat dengan perototan yang kuat pula. Dada dalam dan lebar, punggung datar, panjangnya sedang dengan otot yang baik. Badan anjing betina relatif lebih panjang dari jantan. Anjing Kintamani (Bali) memiliki bulu krah (badong) panjang berbentuk kipas di daerah gumba, makin panjang bulu badong makin baik.
  5. Kaki agak panjang, kuat dan lurus jika dilihat dan depan atau belakang. Tumit tanpa tajir, gerakan kaki ringan. Ekor memiliki bulu yang bersurai, posisinya tegak membentuk sudut 45 derajat atau sedikit melengkung tetapi tidak jatuh atau melingkar di atas pinggang atau jatuh ke samping. Makin panjang bulu ekor makin baik .

Jika anda ingin memiliki anjing Kintamani maka yang ditawarkan bervariasi. Mulai Rp 1 juta sampai Rp 2,5 juta. Bahkan, ada yang sampai Rp 25 juta. Pengakuan dari AKU diyakini bakal membuat nilai jual anjing kintamani bertambah mahal. Jadi Cepat-cepatlah miliki anjing tersebut.



Judul: Ketangguhan Anjing Kintamani Asli Ras Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 2:12:00 PM
Share this article :

3 komentar:

  1. ANJING KINTAMANI ras ASLI INDONESIA yang di akui DUNIA...semoga POLRI mau memelopori/mulai memakai anjing KINTAMANI ras asli INDONESIA sebagai anjing pekerja yang membantu tugas tugas POLRI...!!!

    ReplyDelete
  2. Setuju pak bro..., trims atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. Saya sudah punya, baru saja ambil langsung dari Kintamani.

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger