Custom Search
Home » , » Mengenal Masa Kawin Anjing atau Siklus Birahi

Mengenal Masa Kawin Anjing atau Siklus Birahi

Written By Wulanto Burhan on Saturday, March 10, 2012 | 5:58:00 PM

Bagaimana Mengenal Masa Kawin Anjing atau Siklus Birahi
Setiap hewan termasuk anjing akan berkembang-biak menurut kodratnya masing-masing. Dan untuk mengetahui dan mengenal perkembangbiakan anjing maka tidak terlepas dari masa kawin pada anjing tersebut.
Masa kawin atau disebut juga Siklus Birahi atau yang biasa juga disebut dengan Siklus Estrus pada anjing ada empat tahapan dan ini berlaku bagi anjing betina bukan jantan lho...namun ada berapa hal yang perlu kita ketahui sebelum kita membahas empat tahap tadi, yaitu :
  1. Siklus estrus pertama pada anjing biasanya terjadi pada anjing berumur 6-12 bulan (tergantung ras anjing), untuk beberapa anjing trah kecil biasanya berumur 5 bulan, dan untuk beberapa ras besar dan raksasa, siklus pertama tidak akan terjadi sebelum anjing tersebut berumur 14 bulan. 
  2. Berdasarkan dari hitungan satu siklus bahwa kebanyakan anjing memiliki dua siklus dalam setahun. 
Empat Tahapan Siklus Birahi Pada Anjing

Tahap Proestrus
Pada tahap proestrus biasanya terlihat lendir pada lubang kemaluan (vagina), namun anjing betina ini belum mau dikawini oleh pejantan. Masa Proestrus ini selama 4-20 hari.  

Tahap Estrus
Pada tahap Estrus hal yang menciri adalah vulva bengkak dan lendir yang keluar mulai berubah warna menjadi kekuningan. Proses perkawinan terjadi pada tahap estrus ini dan fase ini memakan waktu 12-21 hari. Namun tahap Estrus ini mungkin saja dapat terjadi hanya beberapa hari saja atau dapat berjalan panjang sampai empat minggu dengan kata lain panjang periode estrus bervariasi antara ras dan anjing individu. Pada saat terjadi tahap estrus ini (jika kita mempunyai anjing betina yang estrus) hal yang sering terjadi adalah anjing-anjing jantan akan berdatangan ke rumah kita. Anjing-anjing jantan tersebut akan mencium bau lendir anjing betina tersebut bisa mencapai 1 km lebih. Jadi jangan heran apabila pada malam hari banyak anjing yang bergerombol di depan rumah kita dan kita tidak tahu anjing dari mana saja.

Tahap Metestrus 
Tahap Metestrus atau bisa disebut juga Diestrus terjadi setelah tahap estrus dan pada tahap metestrus memakan waktu sekitar 60-90 hari. Dan apabila anjing kita hamil, maka kehamilan berlangsung antara 58-64 hari.

Tahap Anestrus  
Kemudian setelah tahap Metestrus maka anjing akan memasuki masa Anestrus yaitu masa tidak aktif atau biasa juga disebut fase istirahat dan fase ini memakan waktu sekitar 2-3 bulan.

Jadi jika kita hitung satu siklus birahi pada anjing maka bisa memakan waktu 6-7 bulan. Ini bisa dijadikan pedoman dalam hal pencegahan penyakit-penyakit anjing, mengapa..? karena pada saat masa estrus (tahap perkawinan) kemungkinan tertular dari penyakit anjing sangatlah besar hal ini karena terjadi kontak langsung antara anjing kita yang sehat dengan anjing lain yang tidak diketahui tingkat kesehatannya. Pada beberapa kasus di lapangan kasus rabies sering muncul pada saat musim kawin ini. Jadi berhati-hatilah bagi pemilik anjing yang meliarkan anjingnya, saran saya jika anda mempunyai anjing lebih baik dikandangkan atau berada didalam pagar agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan kita sebagai pemilik dan orang lain.


Judul: Mengenal Masa Kawin Anjing atau Siklus Birahi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 5:58:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger