Custom Search
Home » » Tanda-Tanda Anjing Mau Melahirkan

Tanda-Tanda Anjing Mau Melahirkan

Written By Wulanto Burhan on Saturday, March 24, 2012 | 11:31:00 AM

Untuk membantu anjing melahirkan maka kita perlu mengetahui tanda-tanda anjing mau melahirkan. Tanda-tanda anjing akan melahirkan hampir sama dengan hewan lain atau manusia yang akan melahirkan. Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa masa kehamilan anjing adalah sekitar 65 hari ( atau dalam rentang waktu 56 sampai dengan 69 hari) kemudian ciri-ciri anjing yang akan melahirkan adalah :

  1. Pembesaran Punting Susu Anjing dan rontoknya bulu disekitar punting susu tersebut.
  2. Sakit perut, ditandai dengan gelisah, terengah-engah, mengerang kesakitan dan tidak mau makan. Sakit perut ini disebabkan karena adanya kontraksi rahim (uterus) sebagai akibat meningkatnya hormon estrogen, oxytocin, prostaglandin dan dikuti oleh hormon relaxine (untuk membuka cervixs). jangan khawatir itu semua adalah fungsi normal.
  3. Suhu tubuh 1 - 2 0C dibawah dari suhu normal 38 - 39 0C.
  4. Keluarnya cairan lendir dari vagina sebagai tahap awal kelahiran. Fungsi lendir ini adalah sebagai pelumas agar mudah melahirkan (fungsi normal).


Ada tiga tahap dalam proses kelahiran anak anjing, yaitu :
Tahap pertama dapat berlangsung selama 2-12 jam. Pada tahap ini, uterus akan berkontraksi dan leher rahim akan membuka. 
Tahap kedua adalah saat dimana anjing berkontraksi lebih kuat dan anjing mengeluarkan cairan. Anak anjing akan mulai keluar. Jarak waktu yang normal antara anak anjing yang satu dengan lainnya adalah 30-60 menit. Jika anjing mengalami kontraksi lebih dari sejam atau anjing tidak mengeluarkan anak anjing dalam jangka lebih dari satu jam setengah, segera kontak dokter hewan. 
Tahap yang terakhir, anjing akan mengeluarkan plasenta. Anjing akan memakan plasenta dan mengunyah tali pusar agar putus dari anak anjingnya. Jaringan plasenta ini sangat bermanfaat karena merupakan sumber protein dan nutrisi lainnya yang hilang pada saat proses melahirkan. Bersihkan induk serta anak anjing dari sisa ari-ari dan ketuban dengan kain bersih.

Setelah proses melahirkan, perhatikan bentuk dan warna cairan yang dikeluarkan dari vagina anjing. Jika cairan memiliki bau atau darah, segera hubungi dokter hewan karena hal itu tidak normal. Periksa juga kelenjar dada anjing setiap hari. Kelenjar dada inilah yang menghasilkan susu untuk dikonsumsi anak anjing. Kelenjar dada yang keras dan sakit jika disentuh dapat berarti mastitis (peradangan pada kelenjar). Harap untuk mengkonsultasikan ke dokter hewan secepatnya untuk mengatasinya. Pastikan tempat untuk anak anjing yang baru lahir tetap hangat dan juga agar anak anjing selalu bersama dengan induknya.

Judul: Tanda-Tanda Anjing Mau Melahirkan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 11:31:00 AM
Share this article :

2 komentar:

  1. anu,boleh bertanya ? anjing saya ketika buang air akecil mengeluarkan cairan yang bau nya mirip dengan anjing yang terserang parvo .. apa itu bahaya ?

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf, info tentang penyakitnya sedikit sekali... Namun akan saya coba jelaskan... urine sangat erat hubungannya dengan ginjal dan salurannya (ureter). Jika baunya sangat amis (tidak normal) ada kemungkinan fungsi filtrasi darah yaitu ginjal mengalami masalah sehingga ada beberapa protein darah yg terbuang. Protein inilah yang menyebabkan amis tsb. Kejadian ini biasa pada penyakit Leptospira. Tetapi inikan baru dugaan, harus melalui pemeriksaan lebih dalam lagi dan untuk lebih jelasnya silahkan uji urine di laboratorium untuk mengetahui ada kelainan atau tidak.

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger