Custom Search
Home » » Cara mengobati Diare / Mencret Pada Anjing

Cara mengobati Diare / Mencret Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Sunday, April 15, 2012 | 5:53:00 PM

Cara Mengobati Anjing Mencret atau Diare - Seperti yang pernah saya sampaikan dalam tulisan enteritis / diare pada anjing bahwa penyebab diare pada anjing adalah bisa kerena bakteri, parasit, virus, racun ataupun salah makan. Diare merupakan suatu gejala klinik akibat peningkatan gerakan periltastik usus. Penghentian diare dengan menurunkan periltastik usus tanpa mengobati penyebab diare akan menjadikan kondisi tubuh lebih parah. Adanya benda asing (mikroorganisme cs) yang berbahaya didalam perut (secara alamiah) mengharuskan usus memberikan respon dengan cara meningkatkan gerakan periltastik usus dengan tujuan mengeluarkan benda asing tersebut. Jika kita menghentikan diare tanpa mengeluarkan benda asing tersebut maka yang terjadi adalah peningkatan perkembangbiakan mikroorganisme patogen di dalam perut dan dapat menyebakan septikemia (menyebar keseluruh tubuh). Diagnosa yang tepat dalam menentukan penyebab terjadinya diare akan mempercepat penyembuhan dan secara otomatis usus akan bergerak secara normal sehingga diare pun akan berhenti. Diagnosa penyebab diare adalah sulit karena hampir semua diare menyebabkan bau yang menyengat dan busuk, kecuali pada kasus keracunan tidak terlalu busuk. Untuk menentukan penyebab diare kita perlu mengetahui bantuan gejala lain yang mungkin timbul, seperti demam, muntah, denyut nadi, dan laju pernafasan. Disamping itu kita juga harus mengetahui hasil laboratorium mengenai feses dan darah, hal ini penting untuk peneguhan diagnosa dan ketepatan terapi yang akan kita berikan. Berikut ini adalah contoh pengobatan penyakit diare pada anjing :
  • Jika penyebab diare disebabkan karena keracunan, maka yang harus ditekankan adalah pemberian zat arang untuk menyerap racun yang ada di usus. Jika diare ini sangat berat maka dibutuhkan pengobatan pendukung lainnya seperti suport terapi dan Lactat Ringer untuk menanggulangi kekurangan cairan elektrolit. Biasanya jika diare yang disebabkan racun tanpa disertai infeksi sekunder maka kondisi suhu tubuh masih dalam batas normal. Sehingga pemberian antibiotik dalam kasus ini tidak dibutuhkan. Jangan lupa antidot dari racun tersebut juga harus diberikan.
  • Jika penyebab diare adalah coccidia maka yang paling diterapkan adalah antibiotik yang spesifik dan peka terhadap coccidia tersebut, contohnya preparat sulfa. Demikian juga jika diare tersebut parah dan sampai dehidrasi maka perlu penanganan lanjutan dengan cara meningkatkan ketahanan tubuh dan keseimbangan elektrolit didalam tubuh.
  • Jika penyebab diare adalah virus maka pengobatan yang sangat dianjurkan adalah peningkatan kondisi tubuh, sedangkan pemberian antibiotik hanyalah untuk pengobatan infeksi sekunder. Pada dasarnya kesembuhan diare karena virus berasal dari daya tahan dan kecepatan pembentukan antibodi tubuh itu sendiri dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh. Infus LR dan Dextrouse sangat dianjurkan jika kondisi tubuh melemah akibat kekurangan elektrolit dan energi. Sejarah ada tidaknya vaksinasi terhadap penyakit diare karena virus pun mendorong tingkat kesembuhan pasien. contohnya pada penyakit parvovirus, anjing yang divaksin dengan yang tidak divaksin memiliki tingkat kesembuhan yang lebih baik pada anjing yang pernah memiliki sejarah divaksin.
  • Jika penyebab diare adalah karena investasi cacing, maka pengobatan yang paling ditekankan adalah pemberian antelmintika contohnya obat cacing albendazole.
  • Jika penyebab diare adalah bakteri, maka pemberian antibiotika yang sensitif terhadap bakteri tersebut akan memberikan hasil yang memuaskan. Tentunya diagnosa penentuan jenis bakteri pun  sangat menunjang tingkat keberhasilan penyembuhan.

Itu adalah contoh-contoh pengobatan diare karena sebab tertentu, dan masih banyak yang harus diperhatikan dalam penanganan diare tersebut dengan cara melihat kondisi tubuh, gejala klinik, sejarah vaksinasi dan hasil laboratorium. Demikian garis besar Cara mengobati diare atau mencret pada anjing, semoga bermanfaat.

Judul: Cara mengobati Diare / Mencret Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 5:53:00 PM
Share this article :

2 komentar:

  1. Anjing saya berumur 2th 3bln,sejarah vaksin tiap tahun nya sudah di vaksin,cuman saya ga treatment dia dengan memberikan obat cacing dalam pertahunya,jadi saya satukan pemberian obat cacing itu sekaligus pada waktu dia menerima vaksin,sekarang dia sudah diare berkisar 5 hari,awalnya dia tidak mau makan,hingga muntah karna kosongnya perut,lalu dia kena diare,...saya sudah berikan obat diare berupa sirup tapi tidak ada perkembangan,mohon saranya... Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Berdasarkan informasi yg anda berikan ada beberapa hal yg perlu diketahui bahwa cacing merupakan salah satu parasit yg menyebabkan kekebalan tubuh menurun jd pemberian obat cacing harus rutin, jika tidak secara rutin maka efektivitas pemberian vaksin tdk optimal.. hal ini adalah salah satu yg menyebabkan kegagalan vaksinasi... untuk mengetahui secara detail penyebab diare + muntah tersebut maka harus dilakukan pemeriksaan lebih mendalam apakah disebabkan oleh bakteri, cacing, virus atau protozoa... jika anda yakin penyebabnya adalah bakteri maka pemberian obat sirup yg mengandung antibiotik seharusnya dapat menyelesaikan diare tersebut. ( mohon dilihat kandungan zat aktif sirup yg anda berikan apakah antibiotik atau bukan). Kemudian melihat 5 hari anjing anda diare maka anjing tsb akan mengalami dehidrasi yang sangat tinggi dan untuk mengatasinya silahkan berikan infus LR (penganti elektrolit)kemudian setelah itu ganti dengan infus dextrouse untuk penganti makanan. Pemberian antibiotik + vitamin via intramuscular sangat membantu untuk mencegah infeksi sekunder dan mempercepat penyembuhan. Kemudian saya sarankan juga untuk dilakukan pemberian obat cacing mengingat sejarahnya pemberian obat cacing hanya dilakukan 1 th sekali. Yang terpenting untuk melakukan pengobatan adalah cari penyebab diare tersebut sehingga diharapkan tingkat kesembuhan cepat terjadi. Mudah2an dapat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger