Custom Search
Home » » Cara dan Tip-tips Membawa Anjing Berpergian Dari Rumah

Cara dan Tip-tips Membawa Anjing Berpergian Dari Rumah

Written By Wulanto Burhan on Monday, May 7, 2012 | 12:10:00 PM

Liburan telah tiba, kita ingin pergi liburan tempat saudara, orang tua atau mungkin ke tempat-tempat yang kita sukai untuk beberapa hari. Namun yang menjadi masalah adalah anjing kita jika ditinggal di rumah maka siapa yang mengurusnya...? Lalu jika kita mengajak atau membawa anjing kita berpergian bersama bagaimana caranya...? Bagaimana jika anjing itu kemudian muntah atau malah sakit...? Bisa bikin repot kalau seperti itu.



Tapi jangan khawatir jika kita akan membawa atau mengajak anjing kita berpergian, ada beberapa tips atau hal yang harus dilakukan agar anjing anda tidak muntah atau sakit di tengah perjalanan.

Berikut ini adalah cara dan tip-tips membawa anjing berpergian dari rumah :

  • Bawa makanan dan air dari rumah secukupnya, jangan lupa juga bawa piring yang biasa dipakai oleh anjing kita. Ini untuk bekal di perjalanan jika anjing kita kelaparan di tengah perjalanan.
  • Jika anda ingin bermalam di hotel atau penginapan pastikan bahwa hotel atau penginapan tersebut mengijinkan anjing untuk ikut bermalam juga disana. Ini direncanakan sebelum berangkat berpergian.
  • Jangan lupa mainan kesayangan anjing kita juga dibawa.
  • Memberikan beberapa latihan berpergian untuk 1 atau 2 jam dengan berkendaraan mobil sebelum kita dan anjing kita benar-benar berpergian jauh.
  • Sering berhenti pada perjalanan yang panjang untuk memungkinkan anjing buang air.
  • Dalam melakukan Perjalanan lebih baik dalam keadaan perut yang kosong, karena jika dalam keadaan perut yang penuh anjing maka resiko penyakit di saluran penceranaan semakin besar, bisa muntah di perjalanan. Pemberian makan secukupnya 2 jam sebelum kita berpergian. Jika kita mempunyai madu maka itu baik untuk mengganti energi yang bersumber dari makanan.
  • Selama perjalanan letakan anjing di dalam restraining box atau keranjang anjing agar tidak mengganggu pengemudi dan aman untuk anjing kita. Ini adalah cara paling aman untuk bepergian bagi Anda dan anjing Anda.
  • Jangan pernah meninggalkan anjing anda didalam mobil yang sedang berhenti, karena suhu didalam mobil yang berhenti akan terasa panas walaupun kita parkir di tempat yang teduh. Perlu diketahui bahwa anjing tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya seefisien manusia dan hanya beberapa menit di dalam mobil yang panas dapat menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan sampai dapat menimbulkan kematian.
Demikian tips ini semoga bermanfaat.

Judul: Cara dan Tip-tips Membawa Anjing Berpergian Dari Rumah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:10:00 PM
Share this article :

6 komentar:

  1. Kalau anjing dibawa selama 15 jam bisa menyebebkan mati tidak? tolong sarannya.

    ReplyDelete
  2. Anjing yg dibawa selama 15 jam tidak akan mati selama cukup istirahat, makan dan minum, serta tempat/box cukup longgar. Mohon diperhatikan jika memberi makan jangan terlalu kenyang, sedikit saja agar tidak menyebabkan sakit perut dan muntah. Siapkan madu untuk diperjalanan sebagai pengganti energi.
    Terimakasih, Semoga dapat membantu.

    ReplyDelete
  3. Apakah ada hotel / cottage di Jakarta atau sekitarnya yang membolehkan kita membawa anjing? Thanks

    ReplyDelete
  4. Pro elleandjess
    Mohon maaf yang sebesar2nya untuk informasi yang satu ini saya tidak tahu, tapi di daerah tajur dekat puncak bogor ada penginapan yang memperbolehkan membawa anjing, sayangnya saya lupa nama penginapan tersebut. mohon maaf ya...

    ReplyDelete
  5. klo kita akn membawa anjing di perjlanan 12 jam apakah diajurkan si anjing di kasih obat penenang/obat tdr biar nyaman di perjalanan.mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira itu tidak perlu, yang terpenting adalah latihan bepergian, makan dan minum secukupnya (jangan terlalu kenyang)selama di peristirahatan, restraining box, persiapan madu, pemberian multivitamin untuk daya tahan tubuh.
      Kami pernah bertemu dalam sebuah kapal penyeberangan merak-bakauheni dengan orang yang sering membawa anjing-anjing dari tasikmalaya atau jawa barat menuju ke medan (sumatra utara) dalam mobil pick-up (dalam satu mobil bisa 10 ekor anjing). Anjing-anjing tersebut di letakkan dalam restraining box yang terpisah antara satu dengan yang lain, mereka tidak membutuhkan obat penenang. Mereka lebih extrem lagi, tanpa latihan bepergian dan sampai di medan tidak masalah.
      Jadi intinya adalah bagaimana kita mempertahankan kebutuhan energi dalam tubuh anjing selama dalam perjalanan.

      Obat penenang itu dapat diberikan jika anjing terlihat sangat stres atau terus menggonggong tiada henti sehingga mengganggu perjalanan kita. Namun itu tidak mutlak harus diberikan.
      Mungkin itu yang bisa kami sampaikan, terimakasih.

      Delete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger