Custom Search
Home » » Program/Jadwal Vaksinasi Anjing Lengkap

Program/Jadwal Vaksinasi Anjing Lengkap

Written By Wulanto Burhan on Tuesday, January 17, 2012 | 12:00:00 AM

Program/Jadwal Vaksinasi Anjing Lengkap-Pencegahan salah satu penyakit anjing adalah vaksinasi yang teratur dan terprogram dengan baik berdasarkan jadwal tertentu untuk menghasilkan titer antibodi yang optimal, sehingga anjing menjadi kebal terhadap penyakit-penyakit tertentu.
Beberapa Penyakit Anjing dapat dicegah oleh vaksinasi. Vaksinasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi - diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi (cacar sapi).

Manfaat Imunisasi

Manfaat vaksinasi atau imunisasi bagi anjing pada intinya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan resiko terserangnya penyakit pada anjing kita, secara rincinya sebagai berikut :
  • Mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit, dan kemungkinan cacat atau kematian.
  • Menghilangkan kecemasan dan biaya pengobatan.
  • Memperbaiki tingkat kesehatan, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit tertentu.
Syarat-syarat Anjing yang akan di Vaksin:
Agar kekebalan anjing maksimal atau titer antibodi anjing optimal serta mampu melindungi tubuh anjing dari penyakit, maka ada beberapa syarat terhadap anjing yang akan di vaksin, yaitu :
  1. Sehat 
  2. Memiliki umur yang Cukup.
  3. Tidak Diare, Demam atau Penyakit Lainnya.
      Program Vaksinasi Anjing
Program vaksinasi pada anjing secara lengkap harus dilakukan agar mencapai hasil sesuai dengan harapan, walaupun terkadang vaksinasi tidak menjamin 100 % anjing kita terlindungi dari penyakit, namun jika terserang penyakit maka tingkat kesembuhan akan lebih cepat. Ada beberapa penyebab mengapa vaksinasi pada anjing tidak optimal melindungi atau tidak 100 % mampu melindungi dari penyakit, diantaranya adalah pemberian boster vaksin terlambat, adanya penyakit parasit, kwalitas nutrisi yang jelek dan buruk, adanya penyakit immunosupresif yang menekan kekebalan tubuh, ketidak sesuaian antara vaksin dengan virus lapangan, atau kwalitas vaksin tidak bagus baik dalam hal seat virus ataupun penyimpanannya.
Berikut adalah jadwal vaksinasi lengkap untuk anjing agar menghasilkan kekebalan optimal terhadap penyakit parvovirus, distemper, parainfluenza, hepatitis, leptospirosis, dan rabies.
Setelah anjing di vaksinasi jangan dimandikan dulu ya.... kira-kira 1 minggu... karena saat itu biasanya agak demam sebagai reaksi dari vaksin. Tetapi tidak perlu khawatir... hal itu berarti antibodi tubuh anjing sudah mulai bekerja.
Demikian jadwal dan program vaksinasi lengkap untuk anjing terhadap penyakit parvovirus, distemper, parainfluenza, hepatitis, leptospirosis, dan rabies.


Related Post Penyakit Pada Anjing Lainnya:
Judul: Program/Jadwal Vaksinasi Anjing Lengkap
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:00:00 AM
Share this article :

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger