Custom Search
Home » » Kurap/ Ringworm Pada Anjing

Kurap/ Ringworm Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Wednesday, November 30, 2011 | 3:17:00 PM

Apa itu Kurap?

Kurap pada anjing adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur terkenal yang dapat menularkan kepada anjing lain, kucing dan manusia. Banyak orang yang telah mengalami infeksi kurap. Ada berbagai bentuk jamur yang dapat menginfeksi baik Anda atau hewan peliharaan Anda. Diagnosis dan pengobatan cukup mudah untuk semua spesies, namun, beberapa spesies yang mempengaruhi anjing bisa jauh lebih sulit. Setiap pemilik hewan peliharaan harus menyadari tanda-tanda, transmisi, dan pengobatan kurap.

Dimana jamur ditemukan?

Beberapa jamur yang berbeda ditemukan di seluruh dunia dapat menyebabkan kurap, dan sebagian besar kasus pada anjing disebabkan oleh Microsporum canis, Microsporum gypseum, Trichophyton mentagrophytes atau. Jamur kurap adalah yang paling lazim di tempat yang panas, iklim lembab, tapi cukup menarik, sebagian besar kasus kurap terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Jamur ini paling sering ditemukan baik pada atau di tempat tinggal hewan yang terinfeksi. Spora dari binatang yang terinfeksi dapat ditumpahkan ke dalam lingkungan dan hidup selama 18 bulan. Kebanyakan anjing yang sehat tidak membawa spora pada kulit atau rambut. Kejadian infeksi kurap pada anjing sebenarnya cukup kecil. Dalam salah satu penelitian terhadap anjing yang aktif masalah kulit, kurang dari 3% memiliki kurap.

Bagaimana kurap menular?

Kurap lesi pada nose Ringworm anjing dapat menular melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, atau kontak dengan item yang terkontaminasi dengan spora. Spora dapat pada peralatan perawatan yang terinfeksi atau di sikat, di fasilitas asrama yang terkontaminasi atau kennel, atau di lingkungan di mana hewan yang terinfeksi telah pernah berada disana. Seperti yang Anda lihat, karena kemampuan spora untuk bertahan lama di lingkungan, anjing Anda dapat tertular kurap hampir di mana saja anjing lain atau kucing yang terinfeksi kurap pernah melewatinya atau pernah tinggal di daerah tersebut. Untungnya, anjing dewasa yang paling sehat memiliki beberapa perlawanan terhadap kurap dan tidak pernah mengalami gejala-gejala dari jamur. Anjing muda yang paling sering terinfeksi. Anjing dengan sistem kekebalan tubuh dari penyakit lain atau berlebihan dari steroid juga lebih rentan terhadap tertular penyakit.

Apa tanda-tanda kurap?

Lesi kurap pada anjing legDogs dengan kurap sering memiliki satu set yang sangat karakteristik dari gejala. Gejala klasik adalah lesi bulat kecil yang tanpa rambut. Lesi sering terjadi di kulit ditunjukan dengan adanya sisik di tengah. Pustula kecil sering ditemukan pada lesi. Lesi dimulai sebagai spot kecil dan terus tumbuh dan berkembang besar. Lesi mungkin tidak teriritasi dan biasanya gatal. Lesi yang paling umum di kepala tetapi juga dapat terjadi pada kaki, kaki, atau ekor. Kondisi ini sering dapat muncul seperti, dan bingung dengan, kudis demodectic. Dalam beberapa infeksi, jamur tidak akan berada dalam lingkaran dan dapat menyebar di seluruh muka atau hidung dan terlihat seperti penyakit autoimun.

Bagaimana kurap didiagnosis?

Kurap dapat didiagnosis melalui beberapa metode yang berbeda. Sebuah cara yang populer tetapi tidak sepenuhnya akurat untuk mendiagnosa penyakit adalah melalui penggunaan cahaya hitam khusus yang disebut lampu Wood. Beberapa spesies jamur kurap akan bersinar warna neon saat terkena lampu Wood. Namun, diperkirakan bahwa sampai setengah dari spesies yang paling umum M. canis tidak berpendar di bawah lampu Wood, dan T. mentagrophytes tidak berpendar. Selain itu, hewan yang sehat mungkin memiliki spora pada mantelnya tetapi tidak mungkin memiliki infeksi aktif.

Metode lain untuk mengidentifikasi kurap adalah untuk memetik dan memeriksa rambut di pinggiran lesi di bawah mikroskop menggunakan persiapan KOH (kalium hidroksida) untuk membuat mereka lebih terlihat. Antara 40% dan 70% dari infeksi dapat didiagnosis dengan cara ini.

Cara terbaik dan paling akurat untuk mengidentifikasi infeksi kurap adalah dengan mengumpulkan sisik dan kerak dari kulit dan mantel dan melakukan budaya. Ada media budaya khusus yang dirancang khusus untuk mengidentifikasi infeksi kurap. Dokter hewan lokal Anda dengan mudah dapat melakukan identifikasi ini secara rutin.

Bagaimana kurap diobati?
Potongan rambut, gunting, dan instrumen lainnya yang digunakan pada hewan yang terinfeksi akan meninggalkan spora dan harus dipanaskan atau perlakuan secara kimia-disterilkan sebelum digunakan pada hewan lain.

Paling kecil, lesi terisolasi pada anjing dan anak anjing yang sehat akan sembuh sendiri dalam waktu 4 bulan. Dalam kasus yang lebih parah, dapat digunakan beberapa perawatan yang berbeda.. Lesi dapat diobati secara topikal dua kali sehari dengan obat antijamur. Perawatan topikal krim mikonazol populer meliputi, krim Lotrimin, atau salep klorheksidin 1%. Untuk lesi yang lebih parah atau lebih umum, di samping kliping dan pengobatan topikal, shampoo anti jamur atau dips juga dapat bermanfaat. Sebuah sampo klorheksidin 0,5%, 2% mikonazol sampo, sampo ketokonazol, dips belerang kapur, atau larutan klorheksidin 2% yang diterapkan setiap 2 sampai 4 hari semuanya dapat digunakan secara efektif.

Pilihan pengobatan lain adalah dengan menggunakan agen anti jamur oral. Secara historis, griseofulvin adalah obat pilihan. Ketoconazole, dan yang paling baru itrakonazol, telah digunakan dengan sukses. Produk-produk ini semua harus diberikan untuk beberapa bulan, dan karena potensi toksisitas mereka, hanya harus digunakan di bawah pengawasan dokter hewan terdekat dan bersifat langsung. Griseofulvin tidak boleh digunakan dalam pemuliaan atau hewan hamil.

Bagaimana kurap dicegah?

Saat ini tidak ada vaksin yang dapat diandalkan untuk pencegahan kurap pada anjing. Grooming dan fasilitas asrama, serta pertunjukan anjing dan klinik dokter hewan sering dapat menjadi sumber infeksi. Pastikan fasilitas yang bersih dan bahwa semua permukaan dan instrumen dibersihkan dan didesinfeksi diantara binatang-binatang tersebut.


Apakah kurap menular kepada orang-orang?

Ya. Kurap dapat menular antara anjing dan manusia. Orang dengan sistem kekebalan tertekan, seperti orang-orang dengan infeksi HIV atau AIDS, dan mereka yang menjalani kemoterapi mungkin sangat rentan akan infeksi kurap ini. Orang harus mengenakan sarung tangan jika menangani hewan yang terinfeksi kurap dan cuci tangan juga sesudahnya.
Judul: Kurap/ Ringworm Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 3:17:00 PM
Share this article :

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger