Custom Search
Home » » Anjing Domestic VS Anjing Liar, Sehat Mana..?

Anjing Domestic VS Anjing Liar, Sehat Mana..?

Written By Wulanto Burhan on Tuesday, February 21, 2012 | 12:45:00 PM


Anjing Domestic VS Anjing Liar, Sehat Mana..?
 
Tahukah anda bahwa sebagian besar pemilik anjing sama sekali tidak menyadari bahwa makanan yang mereka berikan pada hewan peliharaan kesayangan mereka banyak yang tidak sehat. Sebagian produk komersial makanan anjing banyak mengandung biji-bijian, jagung atau gandum sebagai bahan utama makanan anjing tersebut, hal ini bukan hanya karena lebih murah dan ekonomis, tetapi juga karena mereka tahu sebagian besar pemilik hewan peliharaan tidak tahu lebih banyak tentang hal ini.
Begini,…Anjing adalah makhuk karnivora yang memiliki system Pencernaan yang pendek dan cepat. Apa yang Anjing makan akan berbeda dengan manusia, yang omnivore dan akan berbeda juga dengan herbivora seperti kambing atau sapi yang memakan rumput. Hal ini penting untuk membuat perbedaan ini karena sebagian besar masalah kesehatan anjing kita dapat dikaitkan dengan pola makan anjing tersebut. Selama ini manusia melakukan rekayasa terhadap pola makan anjing yang didomestikasi itu, padahal jika kita mempelajari anjing di alam liar makanannya bukan lah seperti itu. Secara alamiah bahwa anjing liar adalah pemburu yang mengkonsumsi daging segar, mereka akan sering makan bangkai, tulang bahkan serangga.



Tapi ketika kita mendomestikasi anjing menjadi anggota keluarga kita, kita sering mengabaikan sejarah hewan dan mulai memberi mereka makan makanan yang tidak mengandung vitamin atau protein yang mereka butuhkan untuk tumbuh sehat dan mempertahankan energi mereka. Itulah sebabnya banyak dokter hewan merekomendasikan diet kombinasi yang mencakup diet pencampuran daging mentah atau dimasak dengan makanan biasa mereka dalam bentuk kering atau kalengan. Ini untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi anjing yang sudah didomestikasi. 

Secara fisiologis didalam system pencernaan anjing dirancang khusus untuk memecah, menyerap protein, lemak dan tulang. Hal ini disebabkan lambung anjing memiliki tingkat ke Asaman yang tinggi (lebih asam dari lambung hewan lain ataupun manusia) sehingga membantu dalam proses mencerna makanan terutama daging dan tulang. Perlu diketahui bahwa anjing tidak memerlukan sayuran ataupun biji-bijian yang berkabohidrat dalam makanan mereka.

Sedangkan secara Anatomi, bahwa anjing diciptakan memiliki gigi dengan taring yang besar, tentunya ini berguna untuk merobek daging dan memegang mangsanya. Gigi depan membantu mengikis daging anjing dari tulang, sementara gigi seri bertindak sebagai gunting untuk memotong daging. sedangkan gigi geraham berguna untuk memecahkan dan menghancurkan tulang. Jadi dapat disimpulkan bahwa semua gigi  anjing dirancang secara khusus untuk berburu dan merobek daging.
Kemudian jika kita pelajari mengenai air liur anjing memiliki persamaan dengan air liur manusia dengan fungsi membantu memecah makanan yang berbeda adalah di dalam mulut anjing tidak dilakukan pengunyahan seperti pada manusia, anjing hanya bias menelan utuh makanan tersbut. Jadi yang paling bertanggungjawab dalam mencerna makanan adalah lambung. Di lambung inilah semua enzim berfungsi untuk memecah makanan (lipase, protease dan lain-lain). Sedangkan di usus anjing hanya terjadi penyerapan makanan yang singkat, cobalah lihat bahwa usus anjing lebih pendek dari mahkluk omnivore maupun herbivore. Akibatnya anjing tidak punya waktu cukup untuk mencerana tumbuhan dan sayuran, yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk memecahnya.
Jadi menurut saya anjing tidak perlu makan sayuran ataupun tanaman, meskipun di campur dengan penyedap rasa daging, karena hal tersebut tidak membuat anjing lebih sehat dan berkembang.



Related Post Penyakit Pada Anjing Lainnya:
Judul: Anjing Domestic VS Anjing Liar, Sehat Mana..?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:45:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger