Custom Search
Home » » Hepatitis Pada Anjing

Hepatitis Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Saturday, January 14, 2012 | 12:46:00 AM

Penyebab Hepatitis?
Canine Hepatitis adalah penyakit pada hati dan organ tubuh anjing lain yang disebabkan oleh adenovirus tipe anjing 1 (CAV-1). Virus ini ditemukan di seluruh dunia dan disebarkan oleh cairan tubuh termasuk cairan hidung dan urin. Pasien yang sembuh dapat menyebarkan virus sampai sembilan bulan didalam urin. Modus utama penularan adalah melalui kontak langsung dengan anjing yang terinfeksi. Melakukan akitfitas di daerah yang terkontaminasi, seperti di kandang. Piring, tangan, sepatu bot, dll, juga dapat berfungsi sebagai sumber penularan.

Apa saja gejalanya?
Awalnya, virus mempengaruhi amandel dan pangkal tenggorokan yang menyebabkan sakit tenggorokan, batuk, dan kadang-kadang pneumonia. Karena memasuki aliran darah, hal itu dapat mempengaruhi mata, hati, dan ginjal. Bagian yang jelas dari mata, disebut kornea, mungkin tampak berawan atau kebiruan. Hal ini disebabkan edema dalam lapisan sel membentuk kornea. Nama 'hepatitis biru mata' telah digunakan untuk menggambarkan mata jadi terpengaruh. Sebagian hati dan ginjal anjing mengalami gagal, gejala lain anjing mengalami kejang, rasa haus meningkat, muntah, dan / atau diare.

Anjing Apa yang Rentan Terinfeksi ?

Anjing tidak divaksinasi dari segala usia berada pada risiko, namun, penyakit ini paling umum pada pasien kurang dari usia satu tahun. Kematian dapat terjadi dalam waktu dua jam setelah tanda-tanda awal.

Bagaimana pengobatan dan pencegahan?

Tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis anjing menular. Cairan intravena dan perawatan suportif sangat disarankan. Untungnya, vaksin yang sangat baik telah tersedia untuk mengimunisasi anak anjing maupun anjing dewasa. Vaksin hepatitis berisi adenovirus tipe 1 atau tipe 2. Adenovirus tipe 2 (CAV-2) merupakan penyebab batuk pada anjing tersebut. Karena virus serupa, vaksin terhadap satu tipe saling melindungi terhadap yang lain. Vaksin modern mengandung baik CAV-1 atau CAV-2, tapi tidak keduanya. Namun, salah satu dapat melindungi terhadap kedua hepatitis dan batuk tersebut.
Demikian sekilas tentang hepatitis pada anjing semoga bermanfaat.


Related Post Penyakit Pada Anjing Lainnya:
Judul: Hepatitis Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:46:00 AM
Share this article :

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger