Custom Search
Home » » Cara Menjaga Kesehatan Anjing

Cara Menjaga Kesehatan Anjing

Written By Wulanto Burhan on Friday, May 11, 2012 | 8:05:00 PM

Memiliki anjing yang sehat dan pintar adalah keinginan dari si pemilik anjing, untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan cara-cara menjaga kesehatan anjing dengan baik. Disini saya ingin memberikan suatu pemahaman tentang masuknya bibit penyakit atau faktor yang mempengaruhi anjing, kucing atau hewan lain menjadi sakit.
Penyakit Anjing dapat timbul karena :
  • Masuknya mikroorganisme kedalam tubuh anjing.
  • Mikroorganisme bisa disebabkan oleh virus, bakteri, protozoa, dan parasit yang masuk kedalam tubuh anjing melalui saluran pernafasan, saluran pencernaan, luka yang tebuka, selaput mata atau bersinggungan dengan agen penyakit baik secara langsung atau tidak langsung. Faktor utama penyebab penyakit karena infeksi mikroorganisme adalah kekebalan tubuh anjing yang menurun dan tidak optimal, lingkungan yang mendukung perkembangbiakan mikroorganisme tersebut, tingkat keganasan mikroorganisme, dan ada tidaknya vektor pembawa penyakit tersebut. Pada keadaan normal bahwa disetiap lingkungan pasti terdapat mikroorganisme patogen, mikroorganisme ini akan menimbulkan sakit pada anjing jika tingkat kekebalan tubuh anjing tidak optimal dengan kata lain tubuh anjing tidak prima. Jika kekebalan tubuh anjing optimal maka yang terjadi adalah mikroorganisme tersebut tidak akan mampu membuat tubuh anjing sakit akibat sel tubuh yang memproduksi zat kebal (antibodi) langsung menyerang mikroorganisme tersebut.

  • Masuknya racun kedalam tubuh anjing.
  • Racun dapat masuk kedalam tubuh biasanya melalui makanan yang terkontaminasi oleh racun, namun racun juga bisa masuk melalui saluran pernafasan. Zat racun secara umum adalah bahan-bahan kimia yang tertelan oleh anjing, namun perlu diketahui juga bahwa keracunan dapat terjadi jika anjing mengkonsumsi makanan basi. Makanan basi merupakan gudangnya bakteri, didalam usus bakteri ini juga ada yang mengeluarkan racun., contohnya streptococcus. 

  • Adanya Hipersensitifitas terhadap zat tertentu
  • Hipersensitifitas lebih sering mengarah pada keadaan alergi. Alergi pada anjing banyak sekali penyebabnya, untuk lebih jelasnya mohon dilihat di Ciri-Ciri Anjing Alergi

  • Adanya kelainan pertumbuhan sel didalam tubuh anjing
  • Pertumbuhan sel yang abnormal didalam tubuh biasanya dikaitkan dengan tumor dan kanker. Tumor dan kanker lebih sering berhubungan dengan pengaruh keterpaparan zat atau bahan kimia karsinogenik terhadap tubuh anjing. Bahan karsinogenik bisa berupa radiasi, diethylstilbestrol, zat pewarna dan lain-lain.
Berdasarkan kajian diatas maka untuk menjaga kesehatan anjing maka tindakan yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara kita menjauhkan bibit penyakit tersebut dari anjing atau bagaimana cara kita untuk mencegah anjing kita menjadi sakit. Berikut gambaran Cara Menjaga Kesehatan Anjing yang dapat saya berikan :
  • Kekebalan yang optimal sangat tergantung dari ketercukupan asupan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan asam amino yang berasal dari makanan. Jadi berilah makanan yang bergizi dan cukup dalam kwalitas maupun kwantitasnya.
  • Kekebalan juga sangat tergantung dari titer antibodi yang dibentuk oleh tubuh yang berasal dari vaksin. Pelaksanaan program vaksinasi yang benar dan sesuai jadwal sangat berguna untuk mencegah penyakit tertentu ( sesuai dengan antigen vaksin).
  • Perawatan anjing yang baik, seperti memandikan anjing dengan teratur, menyikat gigi anjing, pemberian obat cacing (contohnya albendazole) secara teratur akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan anjing kita.
  • Kondisi lingkungan yang higyienis pun, harus diciptakan untuk menghilangkan atau mengurangi mikroorganisme yang berada di lingkungan agar tidak berkembangbiak, dengan kata lain mengontrol kondisi lingkungan disekitar anjing. Contohnya tempat makan dan minum yang bersih, kandang yang bersih, dekontaminasi lingkungan terhadap parasit (kutu, caplak, tungau dan cacing).
  • Pengawasan terhadap bahan makanan anjing pun sangat diperlukan untuk mencegah masuknya racun kedalam tubuh atau mencegah masuknya bahan-bahan karsinogenik ke dalam tubuh anjing.
  • Memperhatikan setiap benda atau zat yang dapat membuat perubahan sekecil apapun pada anjing, termasuk di kulit, bulu, nafsu makan, dan lain-lain untuk mengetahui penyebab alergi pada anjing kita.
  • Pemberian vitamin suplemen per oral sangat dianjurkan untuk mengantisipasi adanya kekurangan vitamin yang diperoleh dari ransum makanan anjing kita.
  Demikian yang bisa saya informasikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Judul: Cara Menjaga Kesehatan Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 8:05:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger