Custom Search
Home » » Pengobatan Cacing Pada Kucing

Pengobatan Cacing Pada Kucing

Written By Wulanto Burhan on Friday, May 25, 2012 | 1:37:00 PM

Pengobatan cacing pada kucing merupakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan dan untuk itu kita harus mengetahui jenis-jenis obat cacing untuk kucing kita. 
Penyakit Cacingan pada kucing disebabkan karena kondisi tanah, cuaca dan iklim yang cocok bagi perkembangan cacing di Indonesia ini. Dengan lingkungan yang sesuai tersebut cacing dapat berkembang biak dan ini tidak menutup kemungkinan dapat menginfeksi ke kucing kita. Derajat infeksi pada kucing sebenarnya ditentukan oleh jumlah cacing didalam tubuh kucing yang dipengaruhi oleh banyaknya telur cacing yang masuk didalam tubuh dan lamanya cacing tersebut menginfeksi. Sedangkan derajat infeksi cacing pada kucing bisa dibagi 2 yaitu ringan dan berat. Untuk menentukan jenis cacing yang menginfeksi kucing kita, maka yang harus dilakukan adalah pemeriksaan secara mikroskopik dengan melihat jenis telur cacing tersebut. Pemeriksaan mikroskopik ini penting untuk menentukan jenis obat yang harus diberikan. Berikut ini adalah jenis kandungan obat cacing yang banyak beredar dipasaran : 

Obat Cacing Mebendazol, Tiabendazol, Albendazol : 
Obat cacing ini merupakan obat cacing yang mampu membunuh beberapa jenis cacing yang menyerang kucing atau biasa disebut obat cacing sepektrum luas. Obat cacing ini (terutama obat cacing albendazole)bisa digunakan pada kucing dan sangat ampuh membunuh cacing hati, cacing cambuk, cacing tambang, cacing gilig termasuk cacing pita dan segala macam cacing pada kucing.

Obat Cacing Piperazin, dan Dietilkarbamazin : 
Obat Cacing jenis ini sangat cocok untuk cacing ancylostomiasis (cacing tambang), trongyloidiasis, oxyuriasis (cacing kremi), ascariasis (cacing gelang) dan trichuriasis (cacing cambuk) yang menyerang kucing kita. 

Obat Cacing Pirantel, dan Oksantel : 
Obat Cacing jenis ini sangat cocok untuk cacing tambang (Necator americanus dan Ancylostoma duodenale), cacing gelang (Ascaris lumbrocoides), dan cacing kremi (Enterobius vermicularis) yang menyerang kucing kita. 

Obat Cacing Levamisol : 
Obat Cacing jenis ini sangat cocok untuk Haemonchus spp., Trichostrongylus spp., Osteragia spp., Cooperia spp., Nematodirus spp., Bunostomum spp., Oesophagostomum spp., Chabertia spp., dan Dictyocaulus vivapurus yang menyerang kucing kita. 

Obat Cacing Praziquantel :  
Obat Cacing jenis ini sangat cocok untuk cacing jenis Dipylidium caninum, Echinococcus, Taenia, Mesocestoides yang menyerang kucing kita. 

Obat Cacing Niklosamida : 
Obat Cacing jenis ini sangat cocok untuk cacing pita (cestoda) yang menyerang kucing kita.

Obat cacing Ivermectine
Obat ini merupakan obat parasit spectrum luas. Bisa digunakan untuk pengobatan cacing, demodex, dan scabies. Namun pengunaanya harus hati-hati karena bisa berakibat fatal apabila over dosis. 

Demikian semoga bermanfaat.
Judul: Pengobatan Cacing Pada Kucing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 1:37:00 PM
Share this article :

2 komentar:

  1. Saran :
    Beritahu juga donk cara ngedapetin obat cacingnya...
    Ada di apotik gak?? :P
    #kali aja ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di apotik ada untuk jenis obat cacing piperazine, oksantel, pirantel, levamisol. Tapi untuk jenis ivermectine, albendazole, dan niclosamide sepertinya sulit untuk didapat di apotik karena harus mengunakan resep dokter.

      Delete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger