Custom Search
Home » » Cara Menentukan Anjing Yang Sehat

Cara Menentukan Anjing Yang Sehat

Written By Wulanto Burhan on Saturday, May 12, 2012 | 5:32:00 PM

Jika kita ingin membeli anjing atau anak anjing maka yang pertama kita lihat adalah kesehatan anjing tersebut. Bagaimana menentukan anjing yang ingin kita beli sehat atau tidak. Ada cara atau Tip-tips yang ingin saya informasikan untuk mengetahui anjing itu sehat atau tidak, berikut caranya menentukan ANJING Yang SEHAT :
  • Tanyakan kepada penjual tentang nafsu makan anjing tersebut dan jenis makanan yang biasa diberikan. Kemudian coba kita uji dengan makanan tersebut. Jika Anjing langsung makan dengan lahap maka anjing tersebut bisa dikatakan sehat. 
  • Tanyakan juga tentang riwayat vaksinasi anjing, sudah lengkap atau belum lengkap kemudian mintalah bukti buku vaksinasinya. Anjing dengan riwayat vaksinasi yang lengkap akan lebih tahan dari serangan penyakit. 
  • Perhatikan Mata anjing, apakah ada kotoran, cacing, benjolan atau keluar cairan terus-menerus dari mata anjing yang akan kita beli. Mata anjing yang sehat akan nampak jernih dan bersih serta memiliki respon repleks mata yang bagus. 
  • Periksalah Gigi anjing bersih atau tidak, dan ada atau tidak karang gigi. Anjing yang terawat dengan baik maka gigi akan nampak bersih dan tidak ada karang gigi karena pemilik terdahulu rajin menyikat gigi anjing dan itu juga tanda pemilik terdahulu sangat memperhatikan kesehatan anjing.. 
  • Perhatikan dan peganglah Bulu anjing, kemudian periksa secara seksama pada setiap bagian tubuh anjing apakah terdapat kutu, kudis, kurap, bulu kusam, bulu berdiri, juga perhatikan apakah anjing sering mengaruk-garuk tubuhnya. Bulu anjing yang sehat akan nampak mengkilap dan tidak kusut serta bebas dari parasit seperti kutu, demodex atau sarcoptes scabei. 
  • Perhatikan juga keempat kaki anjing tentang keproposionalan kaki, bentuk tulang yang simetris, kaki menapak dengan dengan kuat dan kaki anjing tidak pincang. Ujilah dengan mengajak anjing berjalan, lalu perhatikan. 
  • Perhatikan juga perilaku anjing apakah terlihat lemas, tidak bergairah, tidak mau bergerak dsb. Anjing yang sehat biasanya nampak lincah dan ceria. 
  • Perhatikan juga daerah anus anjing, apakah nampak bekas diare atau tidak, lalu perhatikan kandang anjing tersebut apakah nampak cairan bekas lendir diare atau tidak. 
  • Periksalah telinga anjing yang akan kita beli. Telinga anjing yang sehat akan nampak bersih dan tidak ada cairan didalam saluran telinga anjing tersebut. Jika ada cairan maka bisa jadi anjing tersebut terinfeksi otitis interna atau media. Jika anda tidak membawa termometer untuk mengukur suhu tubuh, maka peganglah daerah pangkal telinga anjing dan rasakan, apakah panas atau tidak. Jika panas terlalu tinggi maka anjing tersebut demam. Saran saya jangan dibeli. 
  • Periksa juga Hidung anjing. Hidung anjing yang sehat terlihat berwarna rose dan agak lembab. Jika anjing sakit terutama demam dan flu maka hidung akan nampak hiperemi (kemerahan). Untuk mengetahui anjing demam atau tidak, kita juga bisa merasakan hembusan nafas anjing, Jika hembusan yang kita rasakan panas maka anjing tersebut demam. Memang untuk mengetahui demam pada anjing melalui pangkal telinga dan nafas memerlukan latihan untuk melatih kepekaan tangan kita. 
  • Perhatikan juga irama nafas anjing, nafas anjing yang sehat akan tertur dan tidak tersengal-sengal.
  • Yang terakhir tanyakan kepada penjual anjing tentang sakit yang pernah diderita oleh anjing itu, serta kapan terakhir anjing diberikan obat cacing. Jika anjing pernah menderita penyakit scabies maka saya sarankan jangan dibeli karena kemungkinan untuk kambuh lagi sangat besar dan pengobatan yang selanjutnya akan membutuhkan dosis yang lebih besar dan resikonya lagi, obat yang akan diberikan tersebut dalam dosis yang besar akan berdampak negatif pada anjing.  
Demikian sekilas info yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Judul: Cara Menentukan Anjing Yang Sehat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 5:32:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger