Custom Search
Home » » Memilih dan Membuat Makanan Anjing Yang Sehat

Memilih dan Membuat Makanan Anjing Yang Sehat

Written By Wulanto Burhan on Monday, May 14, 2012 | 8:33:00 PM

Memilih makanan untuk anjing peliharaan bisa kita dapat di petshop atau kita juga bisa meramu atau membuat makanan anjing sendiri yang sehat. Jenis pakan untuk anjing dilihat dari asalnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu pakan jadi dan pakan hasil ramuan sendiri. Pakan jadi lebih dikenal sebagai dogfood, yang bisa dibeli di petshop. Pakan hasil ramuan sendiri adalah pakan yang dibuat dari berbagai bahan dan dibuat sendiri oleh pemilik anjing.

Pakan Jadi
Pakan jadi untuk anjing atau lebih dikenal dengan dogfood sangat praktis karena pemberiannya mudah, kita tinggal menyobek atau membuka kemasannya dan memberikannya kepada anjing. Dogfood dibuat dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anjing, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Agar anjing mau memakannya biasanya dogfood diberi aroma yang merangsang selera anjing. Karena kandungan nutrisinya lengkap, biasanya kebutuhan anjing tercukupi dengan hanya memakan dogfood dan minum air setiap hari.
  1. Jenis-Jenis Dogfood
  2. Di Amerika dan Eropa yang masyarakatnya sangat gemar memelihara anjing terdapat ribuan merek dogfood yang beredar dipasaran, sehingga pemilik anjing sering kebingungan dalam memilihnya. Sementara itu, di Indonesia hanya terdapat puluhan merek dogfood, sehingga pemilik tidak terlalu pusing memlihnya.
    Secara umum dogfood dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu untuk anak anjing, anjing dewasa dan untuk keperluan khusus. Perbedaan tersebut lebih disebabkan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Dogfood untuk anak anjing mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi untuk memacu pertumbuhan. Jenis kedua atau untuk anjing dewasa kandungan protein dan lemaknya relatif lebih sedikit. Sementara itu, dogfood untuk keperluan khusus, misalnya untuk anjing bunting, menyusui, persiapan lomba, latihan intensif, dan stres mengandung protein dan lemak yang sangat tinggi.
    Umumnya, dogfood berbentuk padat seperti biskuit kecil-kecil, tetapi ada juga dogfood yang berbentuk basah. Dogfood basah ini dilengkapi saus dengan empat macam rasa, yaitu rasa daging sapi, daging ayam, daging domba, dan campuran. Dengan aroma saus yang merangsang tersebut dogfood basah sangat cocok untuk anjing trah kecil yang biasanya rewel. Kandungan protein dan lemak pada dogfood basah umumnya relatif rendah, sehingga harganya relatif murah.
  3. Memilih Dogfood
  4. Jenis dogfood yang akan diberikan kepada anjing harus disesuaikan dengan umur dan keadaan anjing. Harus diusahakan tidak salah dalam memilih dogfood. Misalnya anjing dewasa diberi dogfood untuk anak anjing atau anjing bunting, maka akan mengakibatkan kegemukan yang justru tidak baik untuk kesehatannya. Sebaliknya, juga tidak memberikan dogfood anjing dewasa kepada anak anjing yang bisa menghambat pertumbuhannya. 
    Selain berdasarkan jenisnya, memilih dogfood sama juga dengan memilih produk-produk makanan untuk manusia, yaitu harus memperhatikan masa kadaluwarsa dan tanggal pembuatannya. Dogfood yang baik selain mencantumkan saat kadaluwarsa di labelnya juga tertera tanggal pembuatannya. Tanggal kadaluwarsa merupakan informasi penting karena pada tanggal itulah ambang batas aman dogfood dikonsumsi. Meskipun demikian, tanggal pembuatan sebaiknya juga mendapat perhatian karena semakin baru dogfood tersebut, kondisinya semakin segar dan sehat untuk anjing.
Pakan Buatan Sendiri Untuk Anjing

Keuntungan membuat pakan sendiri untuk anjing kita adalah harga relatif murah, namun dari segi kandungan gizi agak sedikit kalah dari makanan pabrikan / dogfood. Pakan buatan sendiri ini sebaiknya jangan diberikan kepada anak anjing yang sedang mengalami pertumbuhan atau anjing yang sedang bunting karena nilai proteinnya mungkin kurang mencukupi untuk kebutuhan hidupnya.
Pakan buatan ini biasa diberikan kepada anjing dewasa dengan jumlah yang sisesuaikan dengan kebutuhan anjing itu sendiri. Jika anjing menghabiskannya dalam waktu setengah jam, berarti jumlah tersebut pas. Berikut ini beberapa formula pakan yang biasa dibuat dan diberikan kepada anjing dewasa.

Pakan Buatan Untuk Anjing 1
Bahan : 6 ons bekatul, 2 ons daging sapi, 10 gr tepung tulang, 30 gr sayuran (wortel, bayam, kecambah, atau kol) dan 10 gr garam
Cara pembuatan : semua bahan dicampur menjadi satu kemudian dimasak hingga matang.

Pakan Buatan Untuk Anjing 2
Bahan : 0,5 kg daging sapi yang telah direbus, 2 kg nasi, 7,5 gr tepung tulang dan garam secukupnya.
Cara pembuatan : semua bahan dicampur menjadi satu.

Pakan Buatan Untuk Anjing 3
Bahan : 1 kg konsentrat untuk anak ayam atau ayam petelur, 0,25 kg daging sapi yang sudah direbus, dan garam secukupnya.
Cara pembuatan : semua bahan dicampur menjadi satu dan disiram air panas, sehingga menjadi adonan bubur yang tidak terlalu encer.

Pakan Buatan Untuk Anjing 4
Bahan : 1 kg daging sapi, 1 kg hati sapi, 3 ons parutan wortel dan garam secukupnya.

Cara pembuatan : semua bahan direbus dengan sedikit air diatas panci hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk dan tidak lengket. Setelah dingin adonan dibuat menjadi bola-bola kecil dan dijemur sampai kering.

Demikian Cara membuat dan memilih makanan anjing yang sehat, semoga bermanfaat

Judul: Memilih dan Membuat Makanan Anjing Yang Sehat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 8:33:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger