Custom Search
Home » » Penyakit Arthritis atau Radang Sendi Pada Anjing

Penyakit Arthritis atau Radang Sendi Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Saturday, March 31, 2012 | 1:27:00 PM


Penyakit arthritis atau penyakit radang persendian pada anjing merupakan yang sering terjadi pada anjing tua, biasanya yang terlihat adalah anjing akan malas bergerak atau bisa juga mengalami kepincangan pada anjing tersebut, namun penyakit radang sendi ini juga dapat menyerang anjing umur muda. Kata Arthritis dalam bahasa Latin adalah peradangan.
Arthritis adalah bukanlah penyakit tunggal, melainkan mencakup lebih dari beberapa kondisi medis.

Apa penyebab arthritis pada anjing ?
Untuk lebih memahami apa yang terjadi ketika anjing menderita beberapa bentuk arthritis, mari kita lihat bagaimana kerja sendi itu sendiri. Pada dasarnya, sendi adalah dimana salah satu tulang bergerak pada tulang lain. Sendi merupakan ligamen memegang dua tulang bersama-sama. Ligamen itu seperti karet gelang, sementara mereka menjaga tulang di tempat pada waktu otot rileks atau berkontraksi untuk melakukan gerakan bersama-sama. Tulang rawan menutupi permukaan tulang untuk menghentikan dua tulang dari menggosok langsung terhadap satu sama lain. Penutup tulang rawan sendi memungkinkan untuk bekerja dengan lancar dan tanpa rasa sakit. Sebuah kapsul mengelilingi sendi. Ruang di dalam sendi - sendi rongga - memiliki cairan sinovial. Cairan sinovial memelihara sendi dan tulang rawan. Cairan sinovial diproduksi oleh sinovium (membran sinovial) yang melapisi rongga sendi.
Dalam hal ini sangat jelas bahwa arthitis /peradangan sendi bisa terjadi karena tulang rawan yang aus, kurangnya cairan, autoimun (tubuh menyerang dirinya sendiri), infeksi, atau kombinasi dari banyak faktor.

Jenis-Jenis Arthritis atau radang sendi pada anjing ?
Jenis artritis Ada lebih dari 100 jenis arthritis. Berikut ini adalah deskripsi dari beberapa radang sendi yang umum terjadi :
  1. Osteoartritis - kartilago kehilangan elastisitasnya. Tulang rawan bertindak sebagai shock absorber, secara bertahap akan mengikis di beberapa daerah. Jika tulang rawan rusak maka pada saat tendon dan ligamen menjadi menggeliat akan menimbulkan rasa sakit. Akhirnya tulang mungkin bergesekan menyebabkan rasa sakit yang sangat parah. 
  2. Rheumatoid arthritis - ini adalah bentuk inflamasi arthritis. Dalam kasus ini membran sinovial (sinovium) yang diserang, mengakibatkan pembengkakan dan nyeri. Jika tidak diobati arthritis dapat menyebabkan deformitas. Rheumatoid arthritis adalah lebih umum terjadi pada anjing betina. Namun, anjing muda atau anjing tua pun memiliki resiko terserang Rheumatoid arthritis. 
  3. Infeksi radang sendi (septic arthritis) - infeksi pada cairan sinovial dan jaringan sendi. Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri, tetapi juga bisa disebabkan oleh jamur atau virus. Bakteri, jamur atau virus dapat menyebar melalui aliran darah dari jaringan yang terinfeksi di dekatnya, dan menginfeksi sendi. Kebanyakan anjing yang rentan adalah anjing yang sudah memiliki beberapa bentuk arthritis dan berkembang terjadi infeksi yang bergerak dalam aliran darah. 
  4. Rheumatoid arthritis remaja (JRA) - berarti arthritis yang menyerang anjing usia muda. Ada tiga jenis utama:
    • Pauciarticular JRA, yang paling umum dan paling ringan. Anjing mengalami rasa sakit di  4 sendi.
    • JRA polyarticular mempengaruhi sendi lebih banyak dan lebih parah. Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi cenderung menjadi lebih buruk.
    • JRA sistemik adalah yang paling umum. Nyeri yang melibatkan banyak sendi dan hal ini dapat menyebar ke organ.
Apa saja tanda dan gejala penyakit radang sendi pada anjing?
Gejala-gejala dari arthritis tergantung pada jenis radang sendi, misalnya:
  • Osteoartritis - Gejala-gejala berkembang perlahan dan memburuk seiring berjalannya waktu. Ada nyeri di sendi, baik selama atau setelah bergerak, atau setelah suatu periode tidak aktif. Akan ada rasa nyaman ketika dilakukan pemijatan di sambungan senda. Pada pagi hari akan terasa kaku, dan anjing mungkin merasa sulit untuk bergerak karena kehilangan fleksibilitas. Beberapa pasien mengalami sensasi kisi ketika mereka menggunakan sendi. Benjolan keras, atau taji tulang mungkin muncul di sekitar sendi. Dalam beberapa kasus sendi mungkin membengkak. Sendi yang terkena dampak paling umum adalah di pinggul, kaki, lutut dan tulang belakang. 
  • Rheumatoid arthritis - Gejala yang muncul adalah terjadinya  pembengkakan sendi, radang, dan kaku, sehingga jika digerakkan anjing akan merasa sakit. Arthritis jenis ini banyak terjadi di daerah lengan, kaki dan pergelangan kaki. Gejala biasanya akan nampak pada saat bangun di pagi hari dan kekakuan ini bisa berlangsung selama 30 menit. 
  • Arthritis Infeksi - Anjing yang terserang penyakit ini akan mengalami demam, radang sendi dan pembengkakan. Seringkali gejala-gejala ini terkait dengan cedera atau penyakit lain. Daerah yang paling sering terkena adalah lutut, bahu, siku, pergelangan kaki dan jari. 
  • Rheumatoid arthritis remaja - Biasanya terjadi pada anak anjing. Gejala yang timbul adalah demam intermiten yang cenderung memuncak di malam hari dan kemudian tiba-tiba menghilang. Nafsu makannya menurun sehinga berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Tanda-tanda lain bisa juga terdapat ruam benjolan di lengan dan kakinya, anemia, lemas atau sakit di pergelangan kaki, jari, atau lutut. Bisa juga mengalami kekakuan di leher, pinggul atau beberapa sendi lainnya. 
Apa yang harus dilakukan jika Anjing terkena Arthritis ?
Yang harus dilakukan adalah melakukan terapi fisik dan terapi okupasi untuk arthritis. Terapi fisik dan terapi okupasi membantu menjaga mobilitas sendi dan rentang gerak. Berapa banyak terapi dan jenis terapi yang dibutuhkan untuk mengobati arthritis akan tergantung pada banyak faktor, seperti tingkat keparahan dan jenis rematik, usia, dan keadaan umum kesehatan anjing kita. Terapi yang diperlukan adalah membangun kekuatan pada otot-otot yang mengelilingi sendi yang terkena, otot yang lebih kuat akan membantu menstabilkan sendi melemah. Kita juga harus mengajarkan cara terbaik untuk bergerak dari satu posisi ke posisi lain. Terapi okupasi dapat mengajarkan cara untuk mengurangi ketegangan pada sendi Anjing kita,  yang anda perlukan adalah sebuah pembalut persendian untuk kaki atau pergelangan kaki.
Nyeri lokal dapat dikurangi dengan kompres es atau bantalan pemanas atau air hangat yang berguna untuk melemaskan kejang otot di sekitar sendi yang terkena arthritis.

Jenis Obat-Obatan Untuk Arthritis atau radang sendi  
  • NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs) adalah obat yang paling sering diresepkan untuk pasien arthritis. Pada dosis rendah NSAID membantu berbagai macam penyakit, dari sakit kepala, nyeri otot, demam dan nyeri ringan. Pada dosis yang lebih tinggi, NSAID juga membantu mengurangi peradangan sendi. Ada tiga jenis utama NSAID dan kesemuanya itu bekerja dengan cara memblokir prostaglandin - hormon seperti zat yang memicu rasa sakit, peradangan, kejang otot dan demam.
  • COX-2 inhibitor - ini juga mengurangi rasa sakit dan peradangan. Namun obat ini memiliki meningkatkan risiko kardiovaskular. 
  • Salisilat - termasuk aspirin yang terus menjadi obat pilihan dari banyak dokter hewan dan pasien. Jangka panjang penggunaan dosis tinggi aspirin memiliki risiko yang signifikan dari efek samping yang tidak diinginkan, seperti masalah ginjal dan perdarahan gastrointestinal. Obat ini berguna untuk mengurangi rasa  nyeri arthritis dan peradangan, namun obat ini digunakan dalam dosis yang besar. 
  • Salisilat Nonacetylated ini dirancang khusus untuk memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada aspirin. Beberapa dokter hewan mungkin meresepkan salisilat nonacetylated jika mereka merasa aspirin terlalu berisiko bagi pasien mereka. Namun, salisilat nonacetylated tidak memiliki aspirin kimia yang melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Beberapa dokter hewan meresepkan aspirin dosis rendah bersama dengan salisilat nonacetylated untuk pasien yang mereka untuk perlindungan kardiovaskular. 
  • Glukokortikoid adalah obat anti-inflamasi steroid dan sangat efektif dalam memerangi peradangan dan bisa sangat membantu ketika digunakan dengan benar. 
  • Anti malaria, seperti hydroxychloroquine dan klorokuin biasanya digunakan untuk mengobati arthritis inflamasi ringan. 
  • Minocycline - antibiotik yang kadang-kadang digunakan sebagai terapi antibiotik untuk rheumatoid arthritis. 
  • Sulfasalazine - umum digunakan untuk berbagai jenis arthritis inflamasi. Sulfasalazine adalah turunan sulfa.
  • Methotrexate - bekerja dengan menghalangi metabolisme sel. Hal ini biasanya digunakan untuk mengobati jenis yang lebih serius dari arthritis inflamasi. 
  • Azathioprine - digunakan untuk bentuk parah arthritis inflamasi. Azathioprine juga menghambat metabolisme sel. 
  • Gout obat - pengunaan obat asam urat juga dapat untuk mengobati beberapa bentuk radang sendi.
  • Leflunomide - digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan psoriasis arthritis. Hal ini juga menghambat metabolisme sel. 
  • Siklosporin - obat imunosupresan - Jenis obat ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kurang agresif. Penggunaan siklosporin biasanya digunakan dalam bentuk kombinasi dengan metotreksat untuk pasien arthritis. Meskipun efektif, ini mungkin dibatasi oleh toksisitasnya. 
Namun perlu juga diperhatikan Pola diet makanan pada anjing, karena hal tersebut juga dapat membantu mempercepat penyembuhan arthritis seperti memperbanyak asupan Omega-3 asam lemak esensial yang diperkirakan dapat meringankan sampai batas tertentu gejala radang sendi. Makanan sumber omega-3 asam lemak adalah minyak ikan, seperti ikan sarden, herring, ikan trout, dan salmon.
Judul: Penyakit Arthritis atau Radang Sendi Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 1:27:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger