Custom Search
Home » » Penyakit Radang Paru-Paru Pada Anjing

Penyakit Radang Paru-Paru Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Thursday, April 5, 2012 | 6:18:00 PM

Pneumonia atau penyakit radang pada paru-paru yang menyerang anjing terjadi ketika paru-paru, bronkus, dan pulmonary alveolus yang bertanggung jawab untuk mengangkut udara ke paru-paru, menjadi terinfeksi dan meradang serta terisi cairan. Radang paru pada anjing akan berakibat fatal jika tidak ditangani dan dapat menyebabkan kematian pada anjing. 

Penyebab dan Faktor Predisposisi Radang Paru-Paru
Anjing dewasa dalam kesehatan relatif baik dan memiliki kondisi tubuh yang prima biasanya tidak terpengaruh oleh penyebab radang paru-paru tersebut, hal tersebut dikaenakan daya tahan yang kuat atau memiliki antibodi yang prima. Sebaliknya, pneumonia biasanya menyerang anjing muda atau lebih tua yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Sistem kekebalan tubuh dapat melemah karena alasan seperti kemoterapi, bronkitis kronis, atau obat-obatan seperti kortikosteroid. Radang Paru-Paru dapat juga terjadi pada anjing yang memiliki benda asing bersarang di saluran napas mereka atau runtuhnya trakea. Menghirup asap atau menelan bensin atau minyak tanah juga telah diketahui dapat menyebabkan pneumonia anjing.

Bagaimana Gejala Klinik Radang Paru-Paru Pada Anjing

Gejala utama pneumonia pada anjing adalah batuk,kesulitan bernapas dan mudah terengah-engah.
Tanda-tanda umum lainnya pneumonia anjing termasuk depresi, lesu, dan kehilangan nafsu makan. Beberapa anjing juga mengalami demam, dan pada beberapa kasus anjing mengalami pilek atau flu.

Jika anjing kita menunjukan tanda-tanda pneumonia seperti gejala klinik tersebut maka segeralah dibawa ke dokter hewan terdekat untuk menjalani perawatan. Beberapa pemilik anjing membuat kesalahan dengan memberikan anjing mereka penekan batuk saat ia mulai batuk. Batuk akan membantu membersihkan jalan napas sehingga anjing Anda bisa bernapas lebih baik, sehingga Anda tentu tidak ingin menekan hal itu.

Jika anjing Anda menampilkan gejala pneumonia anjing, maka dokter hewan akan melakukan serangkaian uji secara menyeluruh termasuk mendengarkan paru-parunya. Pengunaan sinar X-ray pada paru-paru juga dapat digunakan untuk memastikan diagnosa, dengan alat tersebut infeksi akan dengan mudah terlihat.

Penyakit radang paru-paru atau pneumonia pada anjing sering disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya diobati dengan antibiotik. Ada berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru sehingga pengobatan antibiotik yang mampu menembus alveol pun bermacam-macam. Dokter hewan dapat memilih untuk menggunakan beberapa jenis antibiotik untuk mengobati pneumonia anjing tersebut.

Kebanyakan anjing perlu minum antibiotik selama sekitar tiga atau empat minggu untuk mengatasi kondisi tersebut. Ini penting bahwa Anda tidak menghentikan pengobatan ini lebih awal. Banyak pemilik melakukan hal tersebut setelah mereka melihat anjing mereka mulai terlihat dan merasa lebih baik. Namun, infeksi masih mungkin ada bahkan jika gejala tidak terlihat lagi.

Melihat kondisi seperti itu maka sangat disarankan agar kasus pneumonia anjing memerlukan rawat inap. Banyak anjing mengalami dehidrasi akibat mereka tidak mau makan atau minum, sehingga anjing tersebut akan membutuhkan cairan Infus via Intravena.

Jika Anda ingin anjing Anda untuk tetap sehat, maka itu penting untuk memberinya makan berkualitas tinggi makanan. Banyak makanan komersial sebenarnya buruk bagi anjing Anda, sehingga membuat makanan anjing buatan sendiri adalah pilihan yang jauh lebih baik. Ini akan membantu memastikan bahwa anjing Anda mendapatkan nutrisi yang dia butuhkan. Anda dapat dengan mudah membuat makanan bergizi dengan mengikuti resep makanan anjing.

Judul: Penyakit Radang Paru-Paru Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 6:18:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger