Custom Search
Home » » Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Written By Wulanto Burhan on Sunday, May 27, 2012 | 9:28:00 PM

Ada beberapa faktor penyebab anjing tidak mau makan. Kondisi ini sangat berbahaya bila kejadian terus berlanjut. Biasanya nafsu makan merupakan gejala klinis dari suatu penyakit, namun tidak menutup kemungkinan karena faktor perubahan makanan, defisiensi vitamin, cacingan dan stres pada anjing. 

Faktor Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Penyakit Anjing
Penyakit anjing yang menyebabkan nafsu makan menurun biasanya terjadi pada penyakit-penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Sistem pencernaan mulai dari mulut sampai dengan anus. Gangguan pada rongga mulut dan gigi anjing atau adanya benda asing yang tertelan juga dapat menyebabkan anjing tidak mau makan. Kemudian radang lambung atau gastritis, enteritis, pankreatitis, konstipasi usus dan penyakit saluran pencernaan lainnya juga penyebab anjing tidak mau makan. Disamping itu penyakit metabolisme dan penyakit ginjal ( nefritis intertitialis kronis atau akut, medulo nefritis) juga bisa menyebabkan anjing tidak mau makan.

Pengaruh Vaksinasi Pada Anjing
Vaksinasi pada anjing sangat mempengaruhi nafsu makan pada anjing, hal ini disebabkan karena adanya respon tubuh anjing untuk membentuk kekebalan, biasanya anjing akan demam. Namun jangan khawatir ini akan segera berlalu dan nafsu makan anjing akan berangsur-angsur normal kembali.

Defisensi Vitamin.
Dalam sehari-hari anjing pun membutuhkan vitamin dan mineral untuk kelangsungan hidupnya. Kekurangan vitamin  B1-B6-B12 ( B-komplek) pada anjing dapat menyebabkan nafsu makan menurun. Vitamin B1 berfungsi sebagai penambah nafsu makan, B6 berfungsi sebagai penambah sel darah merah dan B12 berguna untuk merawat syaraf, namun vitamin-vitamin tersebut bekerja sama secara sinergis dan saling mendukung.

Cacingan Pada Anjing
Pada banyak kasus cacingan di anjing terutama cacing oxyuris (kasus parah) menyebabkan nafsu makan pada anjing menjadi turun. Hal ini mungkin disebabkan adanya gangguan penyerapan nutrisi termasuk vitamin dan mineral oleh cacing pada usus anjing.Untuk pengobatan dan pencegahan cacingan maka perlu pemberian obat cacing secara teratur, contoh obat cacing yang ampuh adalah albendazole.

Stres Pada Anjing
Stres pada anjing biasanya karena adanya perubahan suhu, perubahan lingkungan, mendapat perlakuan kasar dan faktor hormonal. Stres ini pun dapat memicu hilangnya nafsu makan pada anjing. Adanya tekanan tekanan tertentu menyebabkan syaraf pusat makan yang berada di Nukleus Lateral Hipotalamus menjadi terganggu.

Alergi Pada Anjing
Banyak kejadian kasus akibat alergi terhadap makanan membuat anjing tidak mau makan. Reaksi hipersensitifitas terhadap obat pun dapat membuat anjing tidak mau makan.

Masalah Prilaku Anjing
Prilaku makan setiap anjing hampir sama dengan manusia, ada yang hobi makan ada yang tidak hobi makan. Jika ini yang menjadi masalah maka disarankan untuk mencari makanan kesukaannya.

Untuk mengobati hilangnya nafsu makan atau anjing tidak mau makan maka periksa dahulu secara detail penyebabnya. Tingkat kesembuhan dari anjing yang mengalami nafsu makan menurun tergantung pada jenis penyakit yang menyerang anjing serta daya tahan anjing tersebut, karena setiap anjing berbeda-beda.

Demikian penyebab anjing tidak mau makan, semoga dapat bermanfaat.
Judul: Penyebab Anjing Tidak Mau Makan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 9:28:00 PM
Share this article :

2 komentar:

  1. Jika anjingnya susah makan cukup lama, penyebabnya apa?

    ReplyDelete
  2. Untuk mengetahui penyabab anjing susah makan haruslah di ketahui dahulu sejarahnya, misalnya apakah anjing kita sudah diberi obat cacing secara rutin? jika sudah dan tetap susah makan, langkah selanjutnya adalah berilah vitamin B-Komplek dan Probiotik untuk meningkatkan jumlah bakteri yang menguntungkan didalam usus sehingga anjing akan selalu merasa lapar karena sistem pencernaannya dibantu oleh bakteri tsb. Jika itu juga tidak bisa meningkatkan nafsu makan maka bawalah ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Disana anda akan mengetahui apakah anjing anda mengalami masalah prilaku susah makan atau tidak.
    Demikian semoga dapat membantu. Terimakasih.

    ReplyDelete

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger