Custom Search

Hot Spot Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Monday, August 6, 2012 | 10:42:00 PM

Hot spot pada anjing sering disebut sebagai dermatitis basah atau luka basah berair pada kulit anjing. Kondisi ini ditandai dengan berkembangnya peradangan pada kulit. Infeksi di daerah tersebut dapat terjadi secara dangkal/permukaan atau di dalam kulit anjing.

Mengapa Hot Spot Pada Anjing Dapat Terjadi
Peradangan kulit pada anjing ini biasanya disebabkan oleh gigitan, jilatan, atau anjing menggaruk kulit terlalu sering. Secara alamiah memang anjing akan sering menggigit, menjilat atau menggaruk jika anjing tsb mengalami infeksi bakteri atau infestasi parasit seperti kutu dan tungau. Gigitan serangga juga dapat menyebabkan anjing untuk menggigit atau menggaruk kulitnya secara terus-menerus. Kemudian yang terjadi adalah kulit anjing tsb mengalami peradangan dan terinfeksi. Jadi  kebiasaan anjing menggigit, menjilat, atau menggaruk  hanya akan membuat keadaannya lebih buruk. Namun, anjing akan terus melakukan itu dalam upaya untuk membuatnya nyaman dari rasa gatal yang dialaminya.

Hot spot pada anjing dengan mudah dapat terjadi selama musim panas. Pada masa ini, anjing akan memiliki rambut basah atau kotor yang dapat dengan mudah kusut, serta membuat mereka rentan terhadap kondisi tersebut.

Hot spot pada anjing dapat dengan cepat tumbuh dan menjadi lebih besar. Dalam hitungan jam hot spot akan berkembang lebih besar dan sangat cepat sekali. Kulit anjing akan mengeluarkan cairan dan berubah menjadi merah. Bulu atau rambut di daerah yang terkena akan rontok atau menjadi kusut. Karena daerah kulit ini sangat menyakitkan, anjing dapat menjadi lebih agresif, terutama jika seseorang mencoba untuk menyentuh daerah tersebut.

Pengobatan Hot Spot Pada Anjing
Ada berbagai perawatan untuk hot spot anjing, namun ini tergantung dari keparahan dari hot spot itu sendiri. Infeksi serius bisa diobati menggunakan antibiotik topikal atau shampoo khusus. Untuk pengobatan secara topikal, kita bisa mengunakan cara yang praktis yaitu mengunakan antibiotik spray contohnya limoxyn-25 spray. Jika anda kesulitan mencari limoxyn-spray anda bisa pesan di toko online 44. Dengan antibiotik ini kita hanya menyemprotkan dengan jarak 15-20 cm ke luka basah pada anjing kita tersebut. Luka basah pada anjing tersebut akan segera mengering dan tidak akan muncul infeksi bakteri akibat reaksi obat tersebut.
Jika infeksi lebih dalam, maka antibiotik oral atau bisa juga dengan menyuntikan antibiotik pada anjing kita, seperti Limoxyn-200 LA atau Penstrep-400. Kombinasi antara antibiotik topikal dan injeksi akan mempercepat penyembuhan luka basah pada anjing tersebut.
Bulu atau rambut pada daerah yang terinfeksi harus di cukur agar terkena udara sebanyak mungkin sehingga penyembuhan dapat cepat terjadi. Selain itu  anjing juga harus dicegah dari menjilat, menggigit, atau menggaruk daerah  yang terinfeksi hot spot.
Kemudian jangan lupa cukupi kebutuhan nutrisi anjing dengan kwalitas dan kwantitas yang baik, agar kesembuhan dapat segera terjadi .
Judul: Hot Spot Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 10:42:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger