Custom Search
Home » » Pertolongan Pertama Anjing Yang Keracunan

Pertolongan Pertama Anjing Yang Keracunan

Written By Wulanto Burhan on Friday, June 1, 2012 | 12:54:00 AM

Pertolongan pertama anjing yang keracunan harus diketahui oleh setiap pemilik anjing. Anjing tidak akan mengetahui apakah makanan yang dimakannya mengandung racun atau tidak, sehingga pemilik harus mengetahui tanda-tanda keracunan pada anjing dan cara melakukan pertolongan pertama terhadap anjing keracunan tersebut. Tanda-tanda keracunan pada anjing hampir sama dengan hewan lain yaitu biasanya terjadi hypersalivasi atau air liur berlebihan, muntah bisa berbusa atau tidak, depresi, tidak mau makan, dan lemas. Disamping itu untuk mengetahui anjing keracunan atau tidak adalah dengan melihat sejarah makanan yang dimakan oleh anjing. Biasanya keracunan bersifat akut dan mendadak, walaupun ada juga yang bersifat akumulatif artinya keracunan sudah berlangsung lama, sedikit demi sedikit dan mengumpul di jaringan tubuh anjing terutama di hati dan ginjal.
Untuk melakukan pertolongan pertama anjing keracunan adalah dengan cara mengeluarkan racun yang ada di lambung anjing dengan menggunakan selang yang dimasukan ke dalam mulut sampai ke lambung. Masukan air kelapa melalui selang tersebut lalu kuras isi lambung dengan menggunakan pompa penyedot minyak. Lakukan hal tersebut sampai anda merasa sebagian besar racun telah keluar. Kemudian untuk mengatasi sisa racun didalam usus anjing maka gunakanlah arang aktif untuk menyerap sisa racun tersebut. Perlu juga dipertimbangkan untuk mengunakan obat diuretik agar racun didalam darah cepat keluar, obat yang sering digunakan adalah furosemide dengan nama dagang lasix. 

Catatan Penting
Untuk menjadi catatan bahwa jika kita akan mengeluarkan racun hendaknya diluar ruangan, jangan berada diruangan dengan ventilasi udara yang tidak baik, jangan mengunakan mulut kita untuk menyedot racun melalui selang yang kita masukan kedalam lambung anjing, gunakan masker pelindung agar kita tidak keracunan juga. 
Setelah anda berhasil mengeluarkan racun di dalam lambung, maka langkah selanjutnya adalah konsultasikan kepada dokter hewan untuk mendapatkan antidota racun dan untuk mengatasi sisa racun yang berhasil masuk kedalam darah dan sel tubuh anjing.

Demikian, terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Judul: Pertolongan Pertama Anjing Yang Keracunan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:54:00 AM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger