Custom Search
Home » » Pengobatan Penyakit Kutil Pada Anjing

Pengobatan Penyakit Kutil Pada Anjing

Written By Wulanto Burhan on Saturday, May 26, 2012 | 12:44:00 PM

Penyakit Kutil pada anjing atau dalam medisnya bernama papilomatosis merupakan penyakit viral menular pada anjing muda dan disertai pertumbuhan kutil secara liar pada kulit atau selaput lendir. Selain pada anjing, penyakit kutil ini juga banyak ditemukan pada jenis hewan lain seperti kucing, ayam, sapi, domba dll. Karena penyakit ini merupakan penyakit viral maka penyebabnya disebabkan oleh virus. Jadi dengan pengobatan antibiotik jenis apapun tidak dapat menyembuhkannya. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengunakan materi kutil untuk dijadikan vaksin secara autoimune.

Gejala Klinis
Gejala klinis penyakit kutil ini adalah adanya pertumbuhan kutil di tubuh anjing terutama didaerah mulut, dengan masa inkubasi (masuknya bibit penyakit sampai timbulnya gejala penyakit) sekitar 1-2 bulan. Dan perlu diingat bahwa penyakit ini sangat menular dari anjing yang satu ke yang lain. Jadi bagi pemilik anjing yang mempunyai anjing banyak dan salah satunya terkena penyakit kutil atau papilmatosis ini maka hendaknya untuk dipisahkan dari anjing yang sehat. Kutil-kutil pada anjing ini mulai tumbuh di bagian luar bibir sebagai benjolan-benjolan kecil, pucat dan kasar. Kemudian dengan cepat akan terbentuk kutil-kutil pada selaput lendir, pipi, bibir, lidah, langit-langit sampai dengan selaput lendir di daerah faring anjing. Bentuk kutil atau papiloma seperti sebuah kol kembang. Karena kutil tumbuh didaerah mulut dan sekitarnya maka anjing akan kesulitan untuk makan dan berdampak turunnya nafsu makan anjing, disamping itu sisa-sisa makanan anjing akan menyelip di kutil-kutil dan menyebabkan bau pada mulut anjing penderita.

Patogenesis Perjalanan Penyakit Kutil
Masuknya penyakit kutil ke anjing ini berasal dari luar, bisa karena adanya anjing lain yang terinfeksi kutil atau secara tidak langsung melalui benda-benda perantara yang terkontaminasi virus tersebut. Papiloma atau kutil yang terbentuk terdiri dari jaringan mesenkim dan epidermis.

Diagnosa Penyakit Kutil
Untuk Diagnosa penyakit kutil ini bisa didasarkan pada pemeriksaan klinis dan histologis pada kulit atau jaringan kutil.

Pengobatan Kutil atau papilomatosis
Penyakit Kutil dapat di sembuhkan dengan mengunakan tehnik autoimune dengan cara membuat suspensi vaksin dari jaringan kutil tersebut, kemudian vaksin kutil yang kita buat sendiri itu lalu disuntikan ke anjing penderita.
Kemudian untuk pencegahan penyakit kutil pada anjing yang belum terinfeksi kutil bisa juga dilakukan dengan mengunakan vaksin yang kita buat tadi, dan biasanya akan menimbulkan kekebalan selama 6 bulan.

Demikian semoga bermanfaat.
Judul: Pengobatan Penyakit Kutil Pada Anjing
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 12:44:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger