Custom Search
Home » » Jenis Anjing Penjaga Rottweiler

Jenis Anjing Penjaga Rottweiler

Written By Wulanto Burhan on Tuesday, September 11, 2012 | 9:34:00 PM

Anjing Rottweiler merupakan salah satu jenis anjing penjaga rumah yang handal. Pada jaman dahulu kala anjing Rottweiler ini digunakan untuk menjaga ternak yang sedang digembalakan di padang rumput di Jerman. Dan di jaman sekarang anjing jenis ini selain digunakan untuk anjing penjaga, jenis anjing Rottweiler ini juga dapat digunakan sebagai anjing pelacak yang sering digunakan polisi, lalu dapat juga sebagai anjing pemandu orang buta, atau bisa juga berguna sebagai anjing penyelamat.
Selama Perang Dunia Pertama dan Kedua, Rottweiler digunakan dalam berbagai peran, termasuk sebagai anjing pembawa pesan, penolong, dan anjing penjaga.
Pada tanggal 13 Januari 1914 didirikan sebuah klub anjing Rottweiler yang pertama di Negara Jerman yang bernama The Deutscher Rottweiler-Klub (DRK, German Rottweiler Club) dan disusul didirikan pula di Jerman Selatan yang bernama Süddeutscher Rottweiler-Klub (SDRK, Jerman Selatan Rottweiler Club) pada tanggal 27 April 1915 dan akhirnya menjadi IRK (International Rottweiler Club. Anggota klub DRK saat itu berjumlah 500 Rottweiler, sedangkan anggota klub SDRK berjumlah 3000 Rottweiler.
Pada tahun 1931 Rottweiler secara resmi diakui oleh American Kennel Club. Dan pada tahun 1936, Rottweilers dipamerkan di Inggris. Lalu pada tahun 1966, dilakukan pencatatan terhadap breed - breed Rottweiler yang ada di dunia. Dan pada pertengahan tahun 1990, popularitas Rottweiler meningkat tajam dan tercatat sebagai anjing terpopuler dari jenis-jenis anjing lain yang terdaftar di American Kennel Club.

Ciri-Ciri Anjing Rottweiler :
Anjing Rottweiler ini merupakan ras anjing medium-besar, dengan berat badan berkisar 50-60 kg dan tinggi 61-69 cm (jantan) sedangkan yang betina memiliki berat berkisar 35-48 kg dan tinggi 56-63 cm.
Ciri-ciri anjing Rottweiler memiliki hidung yang relatif besar dan berwarna hitam, memiliki dahi yang cukup melengkung (jika dilihat dari samping), moncong agak pendek, memiliki warna bibir hitam dan menghilang disudut mulut, sedangkan gusi juga berwarna gelap, kemudian jumlah gigi ada 42 buah, lalu bentuk telinga segitiga berukuran sedang. Pada bagian belakang anjing berbentuk lurus, kuat dan kokoh. Dada anjing Rottweiler lapang, luas dan mendalam. Bila dilihat dari depan, kaki depan lurus dan tidak ditempatkan dekat satu sama lain. Lengan bawah, jika dilihat dari samping, berdiri lurus dan vertikal. Lalu bila dilihat dari belakang, kaki belakang lurus dan tidak terlalu dekat bersama-sama. Dan ketika berdiri bebas, terbentuknya sudut tumpul di antara paha atas anjing dan tulang pinggul, paha atas - paha bawah, serta paha bawah dengan metatarsal. Paha atas juga cukup panjang, luas dan sangat berotot. Paha bawah panjang, kuat dan luas berotot.
Anjing Penjaga Rottweiler

Jika melihat ciri-ciri tersebut diatas maka sangat terlihat jelas bahwa anjing ini sangat kuat dan bertenaga. Disamping itu anjing jenis ini juga memiliki sifat percaya diri dan merespon dengan tenang dengan gaya menunggu dan melihat pengaruh dari situasi lingkungannya. Anjing Rottweiler ini juga memiliki sifat melindungi rumah dan keluarga. Jadi tepatlah jika dijadikan anjing penjaga rumah kita. Namun hati-hati terhadap anjing jenis ini, karena jika kita salah melatih dan tidak hati-hati dalam menjaga anjing Rottweiler ini maka yang terjadi adalah dia bisa menyerang orang-orang yang tidak dikenalnya dan bisa membahayakan orang asing tersebut.

Demikian artikel "Jenis Anjing Penjaga Rottweiler" ini, semoga dapat bermanfaat.

Judul: Jenis Anjing Penjaga Rottweiler
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
Google Ditulis Oleh Wulanto Burhan

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Mohon tidak melakukan copy paste pada artikel ini tanpa seijin dari kami. Blog ini terlindung oleh DMCA, bagi yang terlanjur melakukan copy paste dimohon untuk menyertakan link, jika tidak konten anda akan dihapus secara paksa.
Posted by: Wulanto Burhan
Penyakit Anjing, Updated at: 9:34:00 PM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

 
Support : Penyakit Anjing | DMCA PROTECTION
Copyright © 2013. Penyakit Anjing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger